Pertagas Garap Sektor Transportasi Laut

Bisnis.com,03 Apr 2014, 19:55 WIB
Penulis: M. Taufiqur Rahman
PT Pertamina Gas (Pertagas)

Bisnis.com,JAKARTA – PT Pertamina Gas (Pertagas) berencana memasarkan liquid natural gas (LNG) ke sektor transportasi laut. Meningkatnya armada kapal nasional dinilai membuka peluang bisnis yang cukup menarik.

Direktur Utama Pertagas Hendra Jaya mengatakan LNG merupakan gas dalam bentuk cair sehingga dinilai menjadi alternatif tepat untuk mengkonversi BBM d sektor transportasi laut.

“Selain pengangkutannya yang mudah, LNG membutuhkan ruangan lebih kecil dibanding dengan CNG. karena itu, LNG sangat cocok untuk kapal yang memiliki ruang terbatas,” ungkapnya, Kamis (3/4/2014).

Sebagai gambaran, sejak penerapan azas cabotage pada 2005, total armada kapal nasional terus meningkat cukup tajam. Tercatat per 31 Maret 2013 meningkat 99,2% menjadi 12.047 unit yang terdiri dari tongkang (barge), Tug Boat dan General Cargo.

Peningkatan armada pelayaran domestik juga ditandai dengan meningkatnya Surat Izin Usaha Perusahaan Angkatan Laut (SIUPAL) dan Surat Izin Operasi Perusahaan Angkatan Laut Khusus (Siopsus).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Martin Sihombing
Terkini