204.440 Orang Daftar Jadi Polisi

Bisnis.com,17 Apr 2014, 15:31 WIB
Penulis: Nadya Kurnia
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Menjelang dua hari sebelum penutupan pendaftaran brigadir polisi, data pendaftar menunjukkan animo yang cukup tinggi. Terdata telah ada pendaftar sebanyak 204.440 orang selama pendaftaran dibuka sejak 26 Maret sampai 16 April kemarin.

"Alhamdulillah, kami sampaikan terimakasih kepada seluruh warga yang masih percaya bahwa salah satu instansi yang menjadi harapan untuk mengabdi pada bangsa dan negara melalui Polri masih tinggi," jelas Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri Kombes Pol. Agus Rianto, Kamis (16/4/2014).

Dari 204.440 pendaftar, lanjut Agus, sebanyak 127.375 orang telah lulus dalam tahap verifikasi dengan jumlah pendaftar pria sebanyak 88.572 orang dan wanita sebanyak 38.803 orang.

Pendaftaran untuk bergabung di kepolisian sendiri akan berakhir pada 19 April mendatang. Pihak kepolisian memutuskan untuk memperpanjang batas akhir pendaftaran lantaran adanya ujian nasional bagi pelajar SMA dan sederajat.

Sebelumnya, Polri telah membuka pendaftaran bagi masyarakat untuk bergabung di kepolisian. Penerimaan tersebut dilaksanakan dalam rangka pemenuhan kebutuhan personel kepolisian di seluruh Indonesia.

Bagi brigadir polisi laki-laki, Polri menerima sebanyak 10.750 anggota baru, dan bagi polisi wanita, Polri menerima 7.000 anggota baru. Banyaknya jumlah polwan yang baru diterima oleh Polri berkenaan dengan kebutuhan pemenuhan polwan di setiap polsek di Indonesia.

Saat ini di Pulau Jawa dan Jakarta telah ada beberapa polsek yg diawaki oleh polwan. Namun, polsek yang dimiliki oleh Polri berjumlah 4.478 dan tersebar di seluruh Indonesia. Diharapkan dengan adanya 7.000 polwan baru, akan dapat memenuhi kebutuhan penempatan polwan di seluruh polsek.

"Supaya kalau ada kasus yang berkaitan dengan wanita dan anak-anak, dapat ditangani oleh polwan," tukas Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Sepudin Zuhri
Terkini