F1: Hamilton Raih Pole di GP Shanghai

Bisnis.com,19 Apr 2014, 16:39 WIB
Penulis: Oktaviano DB Hana
Sebastian Vettel/Reuters

Bisnis.com, SHANGHAI – Lewis Hamilton baerhasil meraih pole position ketiganya musim ini dengan kinerja kerasnya dalam sesi kualifikasi Grand Prix Formulai 1 di Shanghai, Sabtu (18/4/2014).

Dilansir dari formula1.com, sesi kualifikasi disertai dengan hujan yang membuat lintasan basah. Dengan kondisi berat itu, Hamilton berhasil mencatatkan waktu tercepat bagi tim Mercedes, yakni 1 menit 53,860 detik.

Pembalab asal Inggris itu unggul setengah detik lebih cepat dari Daniel Ricciardo dari tim Red Bull dengan catatan waktu 1 menit 54.455 detik.

Sebelumnya, Ricciardo sempat memimpin free practice 3 pagi tadi dengan catatan waktu 1 menit 53,958 detik.

Tempat ketiga sesi kualifikasi diraih oleh pembalap Red Bull lainnya, yakni Sebastian Vettel dengan raihan waktu 1 menit 54,960 detik. Pembalap asal Australia itu berhasil melewati pembalap Mercedes Nico Rosberg di tempat ke-4 dengan catatan 1 menit  55,143 detik.

Pembalap Ferrari Fernando Alonso menempati posisi ke-5 dengan mencatatkan waktu 1 menit 55,637 detik.

Sementara itu,  duo pebalap Williams, Felipe Massa dan Valteri Bottas mengisi posisi ke-6 dan ke-7 dan dikuti oleh Niko Huelkenberg (Forca India), Jean-Eric Vergne (Toro Rosso), serta Romain Grosjean (Lotus) melengkapi posisi 10 besar.

Adapun, cuaca dengan curah hujan inggi menyertai sesi kualifikasi dan   free practice 3 di pagi hari. Oleh karena itu,  hampir semua pembalap mulai menggunakan ban basah Pirelli.

“Hanya pembalap Toro Rosso, Jean-Eric Vergne dan pembalap Caterham yang memberanikan diri menggunakan ban intermediate,” ungkap situs resmi GP Formula 1 tersebut.

Seperti diketahui, Hamilton sebelumnya telah meraih pole position dan memenangi dua GP dari 3 yang sudah diselenggarakan, yakni di Malaysia dan Bahrain. Sementara, GP F1 pembuka musim balapan 2014-2015 di Sirkuit Albert Park, Australia dimenangkan oleh rekan setimnya asal Jerman, Nico Rosberg.

Sesi balapan utama GP F1 di Shanghai International Circuit, China, akan dilaksanakan Minggu (20/4/2014).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Sepudin Zuhri
Terkini