Komunitas Ilmu Berbagi Resmikan Rumah Berbagi

Bisnis.com,19 Apr 2014, 20:07 WIB
Penulis: Nenden Sekar Arum

Bisnis.com, JAKARTA - Komunitas Ilmu Berbagi meresmikan Rumah Berbagi yang merupakan tempat untuk pengembangan keterampilan bagi adik-adik binaan, mitra sosial maupun masyarakat secara umum.

Peresmian Rumah Berbagi tersebut diselenggarakan pada Jumat (18/4/2014) yang dihadiri oleh dewan pembina, pengurus, volunteer dan undangan dari berbagai komunitas di daerah Depok dan sekitarnya.

"Kami berharap dengan peresmian rumah ini bisa menjadi tempat yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan keterampilan masyarakat," ujar Andini Imaniar Putri, Ketua Ilmu Berbagi Foundation dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis.com, Sabtu (19/4/2014).

Rumah yang berfungsi sebagai kesekretariatan tersebut berlokasi di Pondok Mandala 1, Jalan Tarumanegara 1 Blok C.16 RT003/RW017, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok ini ke depannya akan digunakan oleh Ilmu Berbagi Competence Center (IBCC).

IBCC sendiri merupakan pusat pengembangan kompetensi Ilmu Berbagi Foundation yang terdiri atas beberapa layanan, yaitu Balai Pengembangan Keahlian, Lembaga Pelatihan Komputer, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat, Pusat Studi/Kajian, juga sebagai sarana pembinaan lanjutan adik binaan Ilmu Berbagi.

Pelayanan pengembangan kompetensi ini diberikan secara gratis khususnya kepada para adik binaan Ilmu Berbagi. Pengembangan kompetensi kepada masyarakat umum melalui mekanisme pembiayaan dari mitra sosial, kerjasama perusahaan, dan pemerintah.

Sementara itu, Ilmu Berbagi Foundation (IBF) merupakan organisasi non-profit berbasis komunitas dengan program berbagi dan pelayanan berkelanjutan di bidang sosial pendidikan dan peradaban masyarakat Indonesia. 

Adapun hingga saat ini, IBF telah memiliki 1 sekolah binaan yaitu SMK Itaco Bekasi yang telah berdiri selama dua tahun dan mendidik sebanyak 33 siswa yang sekaligus merupakan adik binaan IBF. Selain itu, IBF juga telah memiliki 6 adik asuh yang tersebar di berbagai daerah, yaitu di Wonogiri, Sragen dan Tulungagung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Martin Sihombing
Terkini