Otonomi Daerah Harusnya Strategis Untuk Atasi Backlog Perumahan

Bisnis.com,12 Mei 2014, 17:27 WIB
Penulis: Oktaviano DB Hana

Bisnis.com, JAKARTA – Pelaksanaan otonomi daerah seharusnya menghadirkan kondisi strategis bagi upaya penyediaan papan di tengah tingginya angka kelangkaan (backlog) perumahan.

Ketua persatuan perusahaan Realestate Indonesia (REI) Eddy Hussy mengatakan pemerintah daerah memiliki peran strategis sebab memfasilitasi perizinan bagi pengembangan properti.

Namun, lanjutnya, belum adanya koordinasi yang efektif antara pemangku kebijakan baik di pusat dan daerah dan tanpa adanya masterplan pengembangan, peran itu tidak berfungsi efektif.

“Otda [otonomi daerah] ini merupakan wayout yang sangat efektif. Mereka yang memberi perizinan dan mengatur pengembangan infrastruktur,” katanya di sela-sela media visit ke redaksi Bisnis Indonesia, Senin (12/5/2014).

Dalam kesempatan yang sama, Moerod, Ketua Dewan Pengurus Daerah REI Sumatera Selatan mengatakan sektor perumahan mestinya menjadi tolak ukur bagi kinerja pemerintah daerah.

“Bukan hanya infrastruktur, tempat tinggal layak jadi tolak ukur layak untuk Pemda,” sebutnya.

Oleh karena itu, Moerod menyataka setiap pemda perlu menghadirkan kebijakan yang inovatif bagi pengembangan perumahan. “Misalnya mengupayakan pemberian lahan atau soal pembiayaan,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rustam Agus
Terkini