Bakal Diganti LRT, Ahok: Biarin Ajalah Seolah-Olah Jadi Sejarah Monorel

Bisnis.com,06 Jun 2014, 17:11 WIB
Penulis: Duwi Setiya Ariyanti
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta menyiapkan light rapid transit (LRT) sebagai pengganti jika PT Jakarta Monorail (JM) tak dapat memaparkan business plan dalam 2 bulan ke depan.

Plt. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan tiang-tiang penyangga yang telanjur berdiri akan dirobohkan. Sebagai contoh, yang berada di Kuningan dan Senayan.

"Kuningan, Senayan dibongkar. Itu biarin ajalah seolah-olah jadi sejarahlah monorel itu," ujar pria yang akrab disapa Ahok di Balai Kota, Jumat (6/6/2014).

Jika disesuaikan dengan keadaan di Ibu Kota, maka dia menilai LRT lebih cocok diterapkan daripada monorel. Monorel hanya dapat memutar karena dari sisi teknisnya memang didesain seperti itu. Sehingga lebih sesuai melayani perjalanan ke Bandar Udara.

"Makanya monorel itu mesti terus mutar. Beton enggak bisa makanya biar dia terus jalan. Nah itu lebih cocok kalau ke bandara-bandara, cuma mutar," jelasnya.

Sementara, LRT dapat bergerak lebih leluasa karena desainnya yang ringan. Sehingga dapat mengakomodasi perjalanan meski harus berbelok dan melaju di persimpangan.

"Konstruksi juga bisa lebih enteng karena dari baja. Kalau LRT itu pake rear kan dia itu bisa lewat. Kalau di DKI kan banyak persimpangan, belok-belok," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Sepudin Zuhri
Terkini