SOFYAN DJALIL: Buku dan Lampu Baca di Mobil

Bisnis.com,30 Jun 2014, 19:22 WIB
Penulis: Miftahul Khoer
Sofyan Djalil. / solopos

Bisnis.com, JAKARTA--Sejatinya, mobil adalah kendaraan yang didesain untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penumpang. Mobil bisa menghalau panas atau hujan sekalipun. Tetapi bagi Sofyan Djalil, fungsi mobil tidak hanya untuk kenyamanan, mobil bisa jadi rumah atau bahkan kantor kedua.

Setiap kali bepergian, mantan Menteri BUMN itu kerap menggumakan mobil yang disediakan kantor yakni Toyota Camry sebagai teman bepergian. Dia duduk di kursi belakang sebelah kanan. Hal yang harus ada di mobil adalah lampu baca dan buku.

Membaca buku sewaktu bepergian membuat Sofyan betah. Dia tidak terlalu banyak merasakan kemacetan Ibu Kota ketika membaca buku di mobil. Lebih dari itu, dia bisa menyerap informasi dan ilmu baru dari buku yang dibacanya.

Buku apa yang biasa dibacanya? Sofyan adalah tipe seorang pembaca buku sejati. Buku politik hingga sastra pun dia lahap. Terakhir yang dibacanya adalah buku-buku tentang negara yakni Mengapa Negara Gagal. Sementara buku sastra yang dilahapnya adalah The Kite Runners, karya Khaled Hosseini.

"Pokoknya kalau Anda naik mobil saya, Anda pasti akan melihat banyak buku di sebelah kiri dan sebuah lampu baca di sebelah kanan. Itu dipasang khusus untuk saya," kata Sofyan pada pekan lalu.

Selain Camry, Sofyan juga kerap menggunakan mobil pribadinya yaitu Subaru dan Serena. Kedua mobilnya itu dia pakai bergantian ketika hari libur. Sofyan selalu menyetir sendiri menggunakan mobilnya saat pergi belanja, jalan-jalan atau mengantar cucu sekolah.

"Kecuali menghadiri undangan pernikahan, saya selalu mengajak sopir. Suka ribet kalau parkir, terlalu banyak mobil. Tetapi selain itu saya suka nyetir sendiri. Semakin tua umur kan harus banyak-banyak olahraga," kata Sofyan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Setyardi Widodo
Terkini