Penetrasi Sepeda Motor Belum Ideal

Bisnis.com,01 Jul 2014, 21:04 WIB
Penulis: Lingga Sukatma Wiangga
Sepeda motor masuki pemasaran. Penetrasi belum ideal/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA—Perbandingan jumlah sepeda motor dengan pengguna di Indonesia saat ini dirasa belum ideal. Secara Nasional, jumlah sepeda motor dan pengguna masih 1:4.

Menurut Ketua Bidang Komersial Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Sigit Kumala angka density/kepadatan tersebut dianggap belum merata.

Saat ini, pengguna sepeda motor di dalam Negeri masih terkonsentrasi di Jawa dan Bali. Di kedua pulau tersebut, sebaran pengguna sepeda motor mencapai 65% dari total pemotor di Tanah Air.

Jika ingin ideal, Kumala berasumsi, perbandingan pengguna dengan speda motor harus 1:2. Namun, perbandingan tersebut dinilai akan mengurang penjualan karena pasar akan stagnan.

Dengan hitungan 240 juta warga negara Indonesia, perbandingan ideal satu sepeda motor dua pengguna bisa tercapai dalam waktu 4-5 tahun ke depan. Syaratnya, laju pertumbuhan penduduk ada pada 5% per tahun.

“Semua tergantung dari laju pertumbuhan penduduk. Asumsinya, saat ini ada 240 juta warga Indonesia. Jika pertumbuhan penduduk 5% per tahun akan mempercepat density sepeda motor. Dalam kurun waktu 4-5 tahun tercapai angka 1:2,” katanya kepada Bisnis, Selasa (1/7/2014).

Meskipun demikian, kepadatan sepeda motor dinilai tidak akan merata. Mengingat pertumbuhan ekonomi di setiap daerah berbeda-beda. Kumala menyebutkan, saat ini rerata density di Pulau Jawa mencapai 1:2, Bali 1:1, Sumatera 1:6, Kalimantan 1:8, dan Sulawesi 1:9.Pertumbuhan penjualan paling tinggi ada di Pulau Sumatera, yang mencapai lebih dari 10%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Ismail Fahmi
Terkini