2 Warga Jerman Ditangkap, Diduga Jadi Agen Ganda untuk AS

Bisnis.com,04 Jul 2014, 20:13 WIB
Penulis: Lucky Leonard
Obama & Merkel/Bisnis.com

Bisnis.com, BERLIN - Pihak berwenang Jerman telah menangkap seorang pria Jerman yang dipekerjakan oleh badan intelijen dalam negeri (BND), karena dicurigai menjadi agen ganda untuk Amerika Serikat.

Hal itu disampaikan dua politisi yang mengetahui soal tersebut kepada Reuters, Jumat (4/7/2014).

Hal tersebut diungkapkan dua orang politisi kepada Reuters, Jumat (4/7/2014). Kantor Kejaksaan Federal Jerman mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa seorang pria 31 tahun telah ditangkap karena dicurigai sebagai mata-mata asing, tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Hal tersebut memperkeruh hubungan Jerman-AS yang sebelumnya terjadi pengawasan terhadap warga Jerman oleh Badan Keamanan Nasional AS, termasuk penyadapan ponsel Kanselir Angela Merkel.

"Dia adalah orang yang tidak memiliki kontak langsung dengan komite investigasi. Dia bukan agen top," kata salah satu politisi, yang berbicara dengan syarat anonim. Tersangka telah menawarkan jasanya ke Amerika Serikat secara sukarela, kata sumber itu.

Sementara itu, kedutaan besar Amerika Serikat di Berlin menolak berkomentar.

Koran Bild mengatakan dalam sebuah salinan muka sebuah artikel yang akan diterbitkan pada Sabtu bahwa pria itu bekerja selama dua tahun sebagai seorang agen ganda dan telah mencuri 218 dokumen rahasia.

Mengutip sumber-sumber keamanan, Bild mengungkapkan agen tersebut menjual dokumen, tiga di antaranya berhubungan dengan pekerjaan komite di Bundestag senilai 25.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Sepudin Zuhri
Terkini