TIPS SEHAT: Dokter Tertular Virus Ebola dari Pasien, Berikut Upaya Tangkalnya

Bisnis.com,04 Agt 2014, 23:52 WIB
Penulis: Rahmayulis Saleh
Ilustrasi/

Bisnis.com, JAKARTA--  Menyedihkan. Seorang dokter di Nigeria yang menangani pasien, pada hari ini, Senin (4/8/2014) dilaporkan tertular virus Ebola.

"Padahal dengan sudah meluasnya kasus Ebola di Afrika sejak beberapa bulan lalu, tentunya petugas kesehatan sudah akan waspada bekerja. Tapi, tetap saja ada dokter tertular," kata Tjandra Yoga Aditama, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan, dalam surat elektroniknya Senin malam (4/8/2014).

Dia menuturkan ada seorang pasien, terbang dari Liberia ke Lagos Nigeria. Ketika mendarat, diketahui bahwa laki-laki itu pasien Ebola. Setelah dirawat di rumah sakit setempat, kemudian meninggal dunia beberapa hari kemudian.

"Yang kini amat menyedihkan seorang dokter di Nigeria yang menangani pasien, ternyata hari Senin ini dilaporkan tertular Ebola," ujarnya.

Hal itu, lanjut Tjandra, menunjukkan bahwa kewaspadaan dalam perawatan di rumah sakit perlu jadi perhatian utama, yaitu:

"Kalau di rumah sakit saja (yang tentunya menerapkan prosedur tertentu), penularan‎ tetap terjadi, maka di masyarakat tentu penularan harus lebih diawasi," kata Tjandra.

Dalam hal ini, tambahnya, yang perlu diperhatikan adalah prosedur di rumah sakit harus berjalan dengan amat ketat.

Di Liberia ada laporan kasus yang meninggal dunia, lalu dikremasi, karena warga kawatir kalau jenazah dimakamkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Linda Teti Silitonga
Terkini