PRODUKSI BERAS: Pemprov Sulut Bantu Petani 50 Ton Bibit Unggul

Bisnis.com,17 Agt 2014, 16:21 WIB
Penulis: Herdiyan
Petani menanam bibit unggul di persawahan/JIBI

Bisnis.com, MANADO—Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) menyiapkan 50 ton bibit padi unggul pada tahun ini untuk petani dalam rangka mendukung peningkatan produksi dan produktivitas hasil pertanian di wilayah tersebut.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Sulut Johanis Panelewen menuturkan ke-50 ton bibit padi unggul itu merupakan penyaluran dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian dalam program pengadaan bibit unggul bermutu ke seluruh provinsi di Indonesia.

Menurutnya, bantuan bibit padi unggul itu bertujuan untuk memenuhi kebutuhan petani di Sulut dan diupayakan terbagi merata di 15 kabupaten/kota di provinsi tersebut. “Kami berupaya membagikan bantuan bibit padi ini ke tangan petani langsung,” kata Johanis, Minggu (17/8/2014).

Dia mengharapkan bibit padi unggul itu dapat dimanfaatkan para petani di Sulut untuk memacu peningkatan produksi beras dalam rangka mendukung program pemerintah, yakni swasembada beras.

Pemerintah pusat, kata Johanis, dinilai serius dalam memberikan bantuan itu ke daerah-daerah yang menjadi sentra penghasil beras sekaligus pemenuhan target pencapaian produksi nasional.

Oleh karena itu, alokasi anggaran bantuan benih unggul bermutu itu diharapkan semakin memotivasi petani dalam rangka memacu peningkatan produksi padi.

“Target peningkatan produksi tetap diupayakan bisa dipenuhi, apalagi dengan bantuan bibit ini akan memberikan dampak positif bagi produksi beras,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Ismail Fahmi
Terkini