Kuasai 50% Pasar, 3 Bank BUMN Kerja Sama Electronic Data Capture

Bisnis.com,18 Agt 2014, 15:10 WIB
Penulis: Galih Kurniawan
Pengumpulan data memakai jaringan komputer/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA--PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia, dan PT Bank Negara Indonesia Tbk resmi bekerja sama dalam pengembangan electronic data capture (EDC).

Sejumlah direksi dari ketiga bank pelat merah tersebut menandatangani perjanjian kerja sama di Jakarta, Senin (18/8/2014).

"Share tiga bank BUMN ini mencapai 50% dari total transaksi merchant di Indonesia, begitu pula dari sisi infrastruktur mesin EDC," ujar Direktur Consumer Banking BRI A. Toni Soetirto.

Pada kesempatan yang sama Direktur Consumer & Retail Banking BNI Darmadi Sutanto mengatakan pada tahap awal kerja sama EDC Link ini akan ditawarkan ke merchant yang sudah masuk dalam pipeline.

Menurutnya melalui kerja sama ini ketiga bank peserta akan berpartisipasi dalam pengembangan aplikasi EDC, back office dan complaint handling. Ketiga bank juga akan bekerja sama dalam joint program loyalty kartu kredit dan debit.

Direktur Micro & Retail Banking Bank Mandiri Hery Gunardi menyebutkan total nasabah Bank Mandiri, BRI, dan BNI mencapai 50 juta nasabah. Dia berharap kerja sama ini dapat memacu pertumbuhan transaksi non tunai.

Berdasarkan data Bank Indonesia pada 2013 jumlah EDC BNI, BRI dan Bank Mandiri mencapai 614.000 unit.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Ismail Fahmi
Terkini