HUT KEMERDEKAAN RI ke-69: KKP Rayakan di Pulau Weh

Bisnis.com,18 Agt 2014, 00:16 WIB
Penulis: Irene Agustine

Bisnis.com, JAKARTA – Dalam upaya membangkitkan pembangunan di pulau-pulau kecil terluar (PPKT), Direktorat Jenderal Kelautan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (KP3K) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melaksanakan upacara hari ulang tahun (HUT) Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang ke-69 di salah satu pulau terluar Indonesia, Pulau Weh.

Dirjen KP3K Sudirman Saad mengatakan masyarakat yang tinggal di perbatasan, umumnya relatif tertinggal meskipun PPKT seperti pulau Weh, kaya akan keragaman sumber daya alam dan jasa-jasa lingkungan yang dapat menopang pembangunan nasional.

 “Karena itu, kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan di PPKT, menjadi salah satu sarana yang bermanfaat untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme yang dapat memicu percepatan pembangunan di PPKT,” katanya melalui siaran pers, Minggu (17/8/2014).

Selama ini, Sudirman menjelaskan ada dua pendekatan utama dalam pengelolaan PPKT, yaitu pendekatan kedaulatan (Sovereignty Approach) dan pendekatan kesejahteraan (Prosperity Approach). Dalam pelaksanaannya, fokus pada keberadaan secara terus menerus (continuous presence), penguasaan secara efektif (effective occupation) termasuk aspek administrasi, serta perlindungan dan pelestarian ekologis (maintenance and ecology preservation).

Dia mengatakan program strategis tersebut dikemas dan telah dilakukan oleh Tim Kerja Perpres 78 Tahun 2005, diantaranya sinkronisasi program dan kegiatan pengelolaan PPKT lintas Kementerian atau Lembaga (K/L).

Contohnya, pembangunan sarana jalan, air bersih, pendidikan, kesehatan, tempat ibadah, tugu perbatasan, penerangan, sarana transportasi antar pulau, dan sarana telekomunikasi.  Kemudian, bantuan sarana usaha perikanan skala kecil, seperti coolbox, desalinasi air laut, serta keramba jaring apung minawisata.

“Dengan program yang kami kembangkan, kini warga di pulau-pulau kecil terluar itu, merasa tersejahterakan dan merasa bangga menjadi bangsa Indonesia”, tuturnya.

Sudirman memaparkan bahwa pulau Weh merupakan satu dari 92 PPKT yang tersebar di Indonesia. Dari jumlah tersebut, hanya 31 pulau yang diketahui berpenduduk dan masih perlu perhatian ekstra dari pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Nurbaiti
Terkini