Kedubes AS di Tripoli Dikuasai Milisi Libya

Bisnis.com,01 Sep 2014, 10:29 WIB
Penulis: John Andhi Oktaveri
Suasana kedutaan besar AS di Tripoli selama tur media yang diselenggarakan oleh Operasi Fajar, sekelompok pasukan yang berhaluan Islam terutama dari Misrata. Tampak peralatan gym yang tak dipakai lagi. /reuters

Bisnis.com, JAKARTA—Milisi Libya mengambil alih gedung Kedutaan Besar AS di Tripoli meski belum sampai menguasai gedung utamanya yang telah dievakuasi bulan lalu, menurut sejumlah pejabat AS sebagaimana dikutip Reuters, Senin (1/9/2014).

Dalam satu tayangan video YouTube terlihat fasilitas diplomatik itu tengah dimasuki oleh kelompok milisi yang diduga berasal dari kawasan Misrata. Belasan pria yang sebagian menggunakan senjata terlihat berkerumun memasuki ruang terbuka di dalam kompleks kedutaan itu, termasuk naik ke balkon gedung.

Libya diguncang perseteruan antar faksi sejak kejatuhan pemimpin Moammar Gaddafi pada 2011. Sedangkan milisi asal kota Misrata mulai menguasai kota tersebut.

Aksi itu menunjukkan satu pukulan atas simbol AS di negara tersebut sekaligus memicu kekhawatiran memburuknya hubunagn Libya dengan AS. Sebelumnya AS menarik seluruh personil kedutaannya dari Tripoli sejak 26 Juli sehingga membuat banyak diplomatnya yang masuk ke Tunisia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Fatkhul Maskur
Terkini