Tertutup Pintu Bagi Kader Demokrat Masuk ke Kabinet Jokowi-JK

Bisnis.com,04 Sep 2014, 15:33 WIB
Penulis: Miftahul Khoer
Maruarar Sirait /DG

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla dipastikan mustahil melirik kader dari Partai Demokrat untuk dicalonkan menteri pada kabinet Jokowi-JK.

Pengamat politik senior Arbi Sanit mengatakan kasus korupsi yang mendera partai berlambang mercy itu semakin membuat pamor partai terperosok, menyusul KPK menetapkan Menteri ESDM Jero Wacik sebagai tersangka korupsi pada Rabu, kemarin.

"Saya kira Jokowi akan sangat sulit merekrut calon menteri dari Demokrat ke dalam pihak berkuasa," katanya di Jakarta, Kamis (4/9/2014).

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono selaku dedengkot Partai Demokrat itu sebelumnya kerap menegaskan ingin memberantas korupsi pada dua periode pemerintahannya.

Akan tetapi, justru sejumlah kader Partai Demokrat banyak terlibat korupsi dan telah dicokok Komisi Pemberantasan Korupsi antara lain mantan Ketua Umum, Anas Urbaningrum dan mantan Bendahara Umum, M. Nazaruddin.

Arbi Sanit menambahkan, selain sulit untuk masuk pada pemerintahan Jokowi-JK, Partai Demokrat tidak akan dipercaya publik untuk masuk pada oposisi.

Sebelumnya, SBY menegaskan bahwa Partai Demokrat akan menjadi penyeimbang pemerintahan Jokowi-JK bersama Koalisi Merah Putih.

Dengan dasar itu, lanjutnya, Partai Demokrat sudah tidak memiliki karakter dan menarik simpati rakyat kembali. "Posisinya sekarang Partai Demokrat itu maju kena, mundur kena," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Sepudin Zuhri
Terkini