HARGA JAGUNG: Melejit Ke Level Tertinggi

Bisnis.com,08 Sep 2014, 16:49 WIB
Penulis: John Andhi Oktaveri

Bisnis.com, JAKARTA — Harga jagung melejit ke level tertinggi sejak Maret akibat kekhawatiran musim dingin di AS akan merusak produksi yang diperkirakan akan mencatat rekor.

Kontrak komoditas itu untuk pengiriman Desember menguat 0,5% menjadi US$3,5775 per bushel di bursa Chicago Board of Trade pukul 14:39 waktu Singapura atau pukul 13:39 WIB. Harga jagung naik 2,7% pada 5 September atau yang tertinggi untuk kontrak paling aktif sejak 4 Maret lalu.
 
Pada 12 atau 13 September muncul ancaman musim dingin dengan wilayah paling berisiko di North Dakota dan Minnesota bagian utara, menurut laporan MDA Weather Services sebagaimana dikutipo Bloomberg, Senin (8/9/2014). Selain itu juga dilaporkan bahwa ada ketidakpastian bagaimana penyebaran musim dingin yang ektrem tersebut.
 
Harga jagung anjlok 23% pada tahun lalu pada saat petani AS bersiap untuk memetik hasil panen tertinggi, menurut Departemen Pertanian AS. “Perkiraan cuaca dingin di wilayah Midwest telah memicu kekhawatiran terjadinya pembusukan dan musim paceklik atas hasil panen jagung AS,” menurut para analis Australia & New Zealand Banking Group Ltd. Termasuk Paul Deane.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Martin Sihombing
Terkini