SENI RUPA KACA: Perupa Meiko Meguchi Gelar Pameran di Jakarta

Bisnis.com,15 Sep 2014, 21:03 WIB
Penulis: Deandra Syarizka
Salah satu karya Neguchi yang dipamerkan

Bisnis.com, JAKARTA-- Seniman rupa asal Jepang Meiko Neguchi mengadakan pameran hasil karyanya dalam ajang Festival Jak-Japan Matsuri 2014 yang berlangsung sejak Senin (15/09) hingga Sabtu (20/09) di salah satu pusat perbelanjaan di kawasan Senayan.

Pameran yang berlangsung atas kerja sama Fusion Factory Glass Art dengan Rumah Indriya tersebut memamerkan kerajinan kaca karya Neguchi yang terdiri dari berbagai macam seri, seperti seri kaca Kosmik Biru, Raja Ampat, Prajurit Garuda (Kabuto Warriors), Pulau Surgawi (Heavenly Islands).

Rata-rata karya benda pajangan kaca Neguci dibanderol dengan harga mulai dari Rp120 ribu untuk dudukan sumpit ukuran kecil, hingga Rp10,8 juta rupiah untuk pajangan kaca berbentuk bulat dengan lukisan Pulau Surgawi.

Selain memamerkan karyanya yang berupa benda pajangan/koleksi, Neguchi pun memamerkan karyanya yang berbentuk perhiasan siap pakai seperti kalung, gelang dan anting.

Harga yang ditawarkan berkisar dari Rp600 ribu hingga Rp4,6 juta.

"Saya ingin masyarakat Indonesia tahu karya seni yang terbuat dari kaca. Saya ingin berbagi tentang proses pembuatannya yang menyenangkan," kata Neguchi dalam Bahasa Inggris ketika ditemui Bisnis di sela-sela pamerannya, Senin (15/9).

Tak hanya mengadakan pameran, Neguchi pun sempat mengadakan pelatihan bersama anak-anak berkebutuhan khusus dari Rumah Indria pada  Februari lalu.

Dalam kesempatan itu, dia mengajarkan teknik mengecat kerajinan kaca. Menurutnya, pengalaman mengajarkan pelatihan itu adalah pengalaman yang sangat inspiratif.

Karena itulah dia pun berniat menyumbangkan 20% hasil penjualan karyanya untuk Rumah Indriya.

Hasil karya anak-anak dari Rumah Indriya pun dipamerkan pada kesempatan ini.

Karya berupa kalung itu dihiasi kerajinan kaca yang berbentuk berbagai macam binatang dalam warna-warni yang cerah, dan dijual seharga Rp150 ribu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Saeno
Terkini