Pekan Cita Rasa La Semaine du Gout 2014 Digelar 13-17 Oktober

Bisnis.com,09 Okt 2014, 12:45 WIB
Penulis: News Editor
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Institut Prancis di Indonesia kembali menggelar Pekan Cita Rasa (PCR) atau La Semaine du Gout.

Ajang tersebut diselenggarakan secara serentak di Prancis dan berbagai negara di dunia, Pekan Cita Rasa (Semaine du goût) hadir kembali di Indonesia.

Kali ini Pekan Cita Rasa merangkul 800 siswa berbagai usia serta 19 chef Prancis dan Indonesia dalam beragam workshop memasak.

PCR adalah sebuah tradisi baru di Prancis yang digagas seorang jurnalis kuliner Jean-Luc Petitrenaud pada 1990.

Tradisi baru ala Prancis ini dirancang agar para chef dan profesional di bidang kuliner dapat menularkan passion mereka kepada publik junior. Konsep semacam ini telah diadaptasi di berbagai belahan dunia: Tiongkok, Jepang, Australia, Spanyol dan Malaysia.

Dengan tujuan “educating the youngest to taste” PCR diharapkan membangkitkan keingintahuan anak-anak tentang keanekaragaman rasa dan berbagai profesi yang terkait dengan gastronomi serta menjadikannya pijakan bagi proyek kerjasama lebih lanjut antara sekolah menengah kejuruan dengan para pelaku bisnis rumah makan.

Chef Jérôme, Vindex dan lainnya akan berbagi pengalaman serta ilmu mereka dalam dunia kuliner dengan menemui secara langsung siswa-siswi dari 4 sekolah menengah kejuruan (SMK) jurusan Tata Boga di Jakarta yaitu SMK 27, SMK 30, SMK 37 dan SMK 57 serta 1 sekolah tinggi pariwisata (STP Sahid).

Pekan Cita Rasa turut hadir dan menjangkau publik junior. Chef Andini dan Gérald akan mengajak siswa-siswi Sekolah Prancis (Lycée Français de Jakarta) dan SDIT Ar-Raudhah untuk mengenal dunia kuliner sekaligus belajar memasak melalui beragam kegiatan interaktif dan edukatif.

Untuk merangkul siswa yang lebih junior, PCR turut hadir di Sekolah Prancis (Lycée Français de Jakarta) Cipete dan mengundang siswa-siswi SDIT Ar-Raudhah Bekasi ke IFI Salemba. Anak-anak akan diajak untuk mengenal dunia kuliner sekaligus belajar memasak melalui beragam kegiatan interaktif dan edukatif. Bagi pengajar dan siswa IFI, chef Gilles dan Antoine akan berbahasa Prancis untuk mengenalkan dan mempraktikkan resep-resep unik dan mudah dibuat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Sepudin Zuhri
Terkini