OJK Selenggarakan Lomba Inklusi Keuangan

Bisnis.com,29 Okt 2014, 21:10 WIB
Penulis: Farodilah Muqoddam
Ada tiga kategori /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyelenggarakan lomba inklusi keuangan bagi kalangan akademisi, masyarakat umum, dan pelaku industri jasa keuangan.

Lomba bertajuk Kompetisi Inklusi Keuangan yang disingkat dengan Koinku ini mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk turut berkompetisi. Ada tiga kategori yakni akademisi, masyarakat umum, dan pelaku industri jasa keuangan. Para peserta ditantang untuk menyusun strategi inklusi keuangan dalam masyarakat.

Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK mengatakan inklusi keuangan sangat diperlukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi melalui perputaran modal yang semakin lancar.

“Akses masyarakat terhadap lembaga keuangan menjadi salah satu kunci berfungsinya sistem keuangan secara optimal,” ujarnya dalam siaran pers, Rabu (29/10/2014).

Adapun yang dimaksud dengan inklusi keuangan adalah seluruh upaya yang bertujuan segala bentuk hambatan terhadap akses masyarakat dalam memanfaatkan layanan jasa keuangan. Hambatan dapat berupa hambatan terkait harga maupun nonharga.

OJK selaku regulator di bidang industri keuangan mendapatkan mandat untuk mendorong terwujudnya inklusi keuangan. Namun demikian, masyarakat umum juga memegang peran penting dalam mendorong peran tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Fatkhul Maskur
Terkini