Menteri Kelautan Susi Pudjiastutui Ajak Kadin Gelar CSR Komersial

Bisnis.com,30 Okt 2014, 12:00 WIB
Penulis: News Editor
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti./Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengajak pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri untuk membuat program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dengan nuansa komersial.

"Saya mengajak untuk membuat CSR, tapi yang komersial," kata Susi Pudjiastuti, saat beraudiensi dengan para pengusaha di Menara Kadin, Jakarta, Kamis (30/10/2014).

Menurut Susi, pembuatan program CSR dengan komersial merupakan hal yang diperlukan agar tujuan program tersebut dapat menjadi berkelanjutan dan berkesinambungan.

Menteri Kelautan dan Perikanan menegaskan dirinya ingin mengubah pola pikir Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dari sekadar pembuat kebijakan untuk berubah menjadi penyusun program yang membantu nelayan, tetapi dengan kebijakan yang mengandung unsur bisnis dan komersialisasi.

Apalagi, ia mengingatkan bahwa kawasan perairan dan sektor kemaritiman di Indonesia menyimpan potensi yang sangat luar biasa besarnya.

"It's renewable.. Oil and gas, once it finish, it finish, (Potensi itu dapat diperbaharui.. Sedangkan minyak dan gas bumi, sekali berakhir, maka berakhir selamanya)," ucap Susi.

Ia juga mengemukakan bahwa bila berbagai pihak dapat membantu nelayan untuk meningkatkan jumlah keuntungan yang diperoleh maka hal tersebut dinilai juga bakal membuat mereka merasa senang.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menegaskan, dirinya ingin menekankan aspek komersialisasi dalam beragam program yang ditelurkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

"Saya lihat semua program KKP selama ini sudah baik, tapi kita harus masukkan komersialisasi untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan," kata Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam acara serah terima jabatan di kantor KKP, Jakarta, Rabu (29/10).

Menurut Susi, hanya dengan penekanan kepada komersialisasi maka akan membuat aktivitas perekonomian dapat menjadi berkelanjutan.

Ia juga berpendapat bahwa berbagai program yang terkait dengan perekonomian bangsa baru bisa berhasil bisa menekankan kepada komersialisasi.

Untuk itu, ujar dia, semua program bantuan yang digulirkan oleh KKP "harus ujungnya ke arah bisnis".

Menteri Kelautan dan Perikanan juga mengemukakan, komersialisasi penting karena menciptakan profit atau keuntungan yang dinilai akan mampu menggerakkan orang karena melihat adanya laba yang bisa diraih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Sepudin Zuhri
Terkini