Adian Bantah Tidur Saat Rapat Paripurna

Bisnis.com,06 Nov 2014, 12:28 WIB
Penulis: Akhirul Anwar
Politikus PDI-P Adian Napitupulu (dua kiri)./jibi

Bisnis.com, JAKARTA - Foto anggota DPR RI dari PDI Perjuangan Adian Napitupulu tertidur saat rapat paripurna tandingan versi Koalisi Indonesia Hebat Selasa (4/11/2014) beredar luas di media sosial dan sejumlah media memberitakan tingkah aktivis 1998 tersebut.

Adian mengakui ketika itu sedang menutup mata dengan posisi leyeh-leyeh sambil menyilangkan kedua tangan di atas perut. Waktu itu Adian mengenakan jas warna gelap dan kepalanya sedikit miring hampir nempel di pundak sebelah kiri.

Namun ia membantah jika menutup mata ketika rapat paripurna ditafsirkan tidur. "Tutup mata tak berarti tidur, tutup mata tak berarti mati," kata Adian dalam judul keterangan pers yang diterima Bisnis.com, Kamis (6/11/2014).

Menurutnya, foto itu diambil ketika masih pagi sekitar pukul 10.00 dan diambil ketika rapat paripurna baru berlangsung sekitar 15 sampai 30 menit. "Artinya masih di awal sidang paripurna bukan di tengah atau akhir paripurna," jelasnya.

Pada menit pertama, Adian duduk di kursi belakang kemudian pindah ke depan untuk melakukan absensi fisik kehadiran sesuai lokasi yang ada di foto tersebut selama 15 menit. Menit berikutnya kembali di kursi semula di belakang.

Dijelaskan oleh Adian, pada jam 10.00 pada umumnya tubuh manusia dalam keadaan bugas apalagi saat rapat baru berlangsung 15 sampai 30 menit, sehingga tidur saat rapat dimulai tidak masuk logika.

"Jadi tidur di saat rapat baru dimulai, terlebih lagi saat hari masih dikategorikan pagi, tentu sesuatu yang sulit diterima logika," tutur Adian.

Ia menyesalkan kesimpulan tendensius dari media yang memberitakan bahwa tutup mata sudah pasti tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Martin Sihombing
Terkini