Effendi Simbolon: JK Bernafsu Naikkan Harga BBM

Bisnis.com,10 Nov 2014, 17:36 WIB
Penulis: Akhirul Anwar
Jusuf Kalla

Bisnis.com, JAKARTA--Politikus PDI Perjuangan Effendi Simbolon menuding Wakil Presiden Jusuf Kalla bernafsu untuk menaikkan harga Bahan Bakar Minyak ketimbang Presiden Joko Widodo .

"Yang lebih bernafsu menaikkan harga BBM pak JK karena sejak awal mahzab alur pikirnya liberal, tidak berempati terhadap pengguna BBM bersubsidi," katanya di komplek gedung DPR Jakarta, Senin (10/11/2014).

Mahzab liberal, lanjut Effendi bertentangan dengan Trisakti yang dianut oleh PDI Perjuangan. Anggota DPR Komisi VII tersebut menyebut paham ini merupakan konspirasi penguasa dengan pengusaha.  

"Kalau anda menetapkan harga berkaitan dengan hajat orang banyak paham anda liberal, bertentangan dengan Trisaksti, bahkan Pancasila," tegasnya.

Penaikan harga BBM tidak semudah pengalihan subsidi ke sektor produktif seperti alat pertanian, mesin nelayan dan pupuk bagi petani.

Sementara persoalan di sektor energi yang penuh dengan mafia minyak tidak tersentuh.

"Siapa yang menangani sektor energi? Apa kita biarkan Singapura bangun terus kilang. Siapa pemainnya di situ. Saya mengkritisi ini objektif, logis. Kalau pemerintah, Presiden, wapres komit menjelaskan program, disparitas jadi subsidi negara dibagi ke rakyat silakan," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rustam Agus
Terkini