China Bakal Pamer Jet Tempur Siluman Seri J-31 Saingi AS di Sela APEC

Bisnis.com,11 Nov 2014, 08:59 WIB
Penulis: John Andhi Oktaveri
Pesawat Siluman/Wikipedia

Bisnis.com, JAKARTA—Angkatan Udara China berencana memulai debut pertama pesawat jet tempur terbarunya pekan ini, pada acara pameran dirgantara sebagai bentuk unjuk kekuatan negara itu di Asia yang selama ini didominasi kekuatan Amerika Serikat.

Pesawat tempur siluman seri J-31 tersebut akan dipamerkan ke publik pada ajang pameran dirgantara Zhuhai Air Show di provinsi Guangdong, menurut laporan kantor berita resmi Xinhua News Agency.

Pameran itu bersamaan dengan pertemuan Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) termasuk Presiden AS Barack Obama.

Diproduksi oleh Aviation Industry Corp of China, atau yang dikenal dengan AVIC, pesawat J-31 tersebut akan menjadi sebuah ujian dari kemampuan China untuk mempertontonkan kecanggihan teknologinya. Selama ini, pesawat tempur buatan AS lebih mendominasi sistem pertahanan udara wilayah Asia.

“Tampaknya pesawat itu merupakan generasi kelima dan sejauh ini hanya Amerika Serikat yang mampu memproduksinya,” ujar Richard Bitzinger, akademisi dari Rajaratnam School of International Studies Singapura sebagaimana dikutip Bloomberg, Selasa (11/11/2014).

Sejumlah foto yang memperlihatkan seorang pilot tengah menerbangkan pesawat J-31 telah beredar di sejumlah blog militer. Sejumlah pesawat tempur generasi kelima China telah beroperasi seperti jenis F-22 Raptor pada 2005.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Nurbaiti
Terkini