KONEKTIVITAS ASEAN: Sulut Upayakan Jalur Pelayaran Davao-Bitung dan Penerbangan Manado-Davao

Bisnis.com,19 Nov 2014, 15:51 WIB
Penulis: Herdiyan
Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara sedang mengupayakan terbukanya jalur pelayaran Davao (Filipina)-General Santos (Filipina)-Bitung (Sulawesi Utara) dan penerbangan langsung Manado-Davao./Bisnis

Bisnis.com, MANADO—Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara sedang mengupayakan terbukanya jalur pelayaran Davao (Filipina)-General Santos (Filipina)-Bitung (Sulawesi Utara) dan penerbangan langsung Manado-Davao.

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Sinyo Harry Sarundajang menuturkan hal itu merupakan upaya untuk mengembangkan interkonektivitas antara Indonesia, khususnya Sulawesi Utara, dengan negara tetangga Filipina.

“Perlu dikembangkan interkonektivitas, hubungan udara dan laut antarkedua negara, karena keduanya memiliki kontribusi bagi perdagangan internasional,” tuturnya, Rabu (19/11/2014).

Di samping itu, upaya lainnya adalah meningkatkan pertemuan-pertemuan antardelegasi dengan berbagai topik, seperti pariwisata, perdagangan, infrastruktur, dan investasi.

Dia menambahkan kedua negara perlu memperbaharui dan mengkaji ulang beberapa kebijakan luar negeri, seperti perdagangan internasional dan perizinan, khususnya di area perbatasan antar negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Setyardi Widodo
Terkini