Kalahkan Boeing, Airbus Dapat Order 50 Pesawat dari Delta

Bisnis.com,20 Nov 2014, 22:55 WIB
Penulis: John Andhi Oktaveri
Boeing 787. /

Bisnis.com, JAKARTA—Pabrikan pesawat terbang Airbus Group NV akan meraih pesanan sebanyak 50 pesawat berbadan lebar dari Delta Air Lines Inc. senilai sekitar US$13 miliar sehingga mengalahkan Boeing Co. sebagai pemain utama di sektor penerbangan global.

Pemesanan itu terdiri dari Airbus A330neo dan jenis A350-900, menurut sumber yang tidak mau disebutkan namanya. Pasalnya, pembelian tersebut masih dalam tahap negosiasi dan diduga akan diumumkan awal pekan depan.

Kesepakatan itu akan memperkuat keberhasilan pembelian oleh Delta sebelumnya, termasuk 40 pesawat yang dipesan  pada 2013 dengan nilai US$5,6 miliar. Delta memiliki sejumlah model pesawat favorit dari Boeing dibandingkan dari Airbus saat mengakuisisi Northwest Airlines pada 2008. Boeing mendukung program restrukturisasi Delta yang terancam bangkrut pada 2007 dalam menghadapi pengambil alihan oleh US Airways.

“Saya melihat ini merupakan berita besar bagi jenis pesawat A330neo,” ujar Michel Merluzeau, seorang konsultan penerbangan  sebagaimana dikutip Bloomberg, Kamis (20/11/2014).

Dia menambahkan bahwa ada nama besar yang disandang atas dukungan Delta.  Sedangkan pesawat A350 telah mengalahkan Boeing 787-9 Dreamliner karena Airbus punya slot pengiriman lebih banyak menyusul pembatalan pemesanan dari Emirates Airline.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Setyardi Widodo
Terkini