Dua Sektor Ini Perlu Menjadi Perhatian Pemprov Kalbar

Bisnis.com,27 Nov 2014, 07:36 WIB
Penulis: Yanuarius Viodeogo
jalan rusak/

Bisnis.com, PONTIANAK – Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kalbar Soetaryo Soenardi mengatakan pemerintah daerah harus memperbaiki dua sektor vital ini untuk meningkatkan perekonomian Kalimantan Barat.

Pertama, tuturnya, pembangunan infrastruktur jalan guna memperlancar arus transportasi dan logistik barang dan jasa dari lokasi industri ke pelabuhan.

Soetaryo mengatakan infrastruktur jalan penghubung antar daerah hanya mampu menahan beban kendaraan 8 ton. “Idealnya seperti negara tetangga, mampu menahan beban sampai 40 ton,” kata Soetaryo, Rabu (26/11/2014).

Pembenahan berikutnya, kata Soetaryo, pemda perlu mendukung investasi kehadiran energi terutama pembangkit listrik yang stabil untuk mendukung biaya produksi industri.

“Setidaknya ke depan minimal membutuhkan 10% energi untuk menyuplai listrik ke industri-industri yang ada di sini [Kalbar],” katanya.

Dia mengatakan pemerintah bisa mengembangkan energi dari batubara. “Kita punya batubara, semestinya dimanfaatkan sebagai energi dengan catatan pemerintah perlu mendukung pembangunan industri pencipta energi dari batubara untuk kelangsungan industri jangka panjang,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor:
Terkini