Dirut BUMN Harus Kuasai Tantangan Masa Depan

Bisnis.com,16 Des 2014, 04:10 WIB
Penulis: Sukirno
Menteri BUMN Rini Soemarno (tengah) bersama Menteri ESDM Sudirman Said (kanan) dan Dirut Pertamina yang baru Dwi Soetjipto melakukan jumpa pers di kantor BUMN, Jakarta, Jumat (28/11/2014)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Pengamat kebijakan publik Agus Pambagyo menilai calon dirut BUMN harus mengetahui tantangan industri dalam waktu lima tahun kedepan. Hal itu dimaksudkan agar BUMN dapat memberikan keuntungan bagi negara dan kemajuan perusahaan itu sendiri.

Menurutnya, pergantian direksi BUMN yang dilakukan oleh pemerintah baru bisa dirasakan setelah mereka berhasil menjawab semua tantangan dalam lima tahun mendatang.

"Kita tidak bisa menilai para direksi BUMN yang baru sekarang, kan mereka belum kerja. Kalau mereka sudah bekerja selama minimal enam bulan baru bisa kita nilai apakah mereka tepat duduk di situ atau tidak," ungkapnya, Senin (15/12/2014).

Agus juga menilai kebijakan dan kamampuan managerial Menteri BUMN Rini Soemarno dalam mempimpin kementriannya tidak bisa diragukan karena mempunyai pengalaman yang cukup. Untuk menilai secara keseluruhan kebijakan yang dikeluarkan oleh Rini, tidak bisa dari sebelah sisi belaka melaikan secara keseluruah dan membutuhkan waktu paling cepat satu tahun.

Secara terpisah, Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Budi Gunadi Sadikin menyatakan perseroan harus mengikuti ritme kerja sang atasan yang bergerak sangat cepat guna memajukan dan membenahi perusahaan pelat merah. Dia juga mengakui pertama kali dipimpin seorang Menteri BUMN wanita.

"Ada yang bilang sama saya, kalau mau kerja cepat, perhatikan cara bos mu bekerja. Dan ternyata saat saya pertama kali bertemu bu Rini di Istana Presiden, beliau sangat cepat, jalan saja cepat sekali," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Martin Sihombing
Terkini