Brendan Rodgers Yakin Liverpool Bisa Masuk Empat Besar

Bisnis.com,23 Des 2014, 11:16 WIB
Penulis: Andhika Anggoro Wening
Brendan Rodgers/www.telegraph.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA - Pelatih Liverpool, Brendan Rodgers, memuji karakter skuadnya setelah mereka bangkit dari ketertinggalan dan kehilangan seorang pemain saat lawan Arsenal.

Hasil seri 2-2 melawan Arsenal membuat Rodgers menyatakan keyakinannya bahwa posisi empat besar masih dalam jangkauan.

"Penampilan kami hari ini (lawan Arsenal) sangat luar biasa," kata Rodgers, yang timnya mendominasi sebagian besar penguasaan bola selama pertandingan. "Segala sesuatu yang baik mengenai tim ini dapat dilihat hari ini. Intensitas dan tekanan kami sangat baik, kami menghentikan ritme permainan mereka, ketika kami menguasai bola kami mendapatkan ruang. Kami selalu tampak mengancam."

"Untuk dapat bangkit kembali dari skor 2-1 ditambah harus bermain dengan 10 orang, menunjukkan karakter yang nyata dalam tim ini. Dan jika kami terus bermain seperti ini, dengan beberapa pemain yang kembali ke skuad, kami akan menjalani putaran kedua dengan baik di musim ini."

Liverpool di musim sebelumnya menang besar 5-1 atas Arsenal. Meski tidak bisa mengulangi prestasi tersebut Rodgers merasa penampilan timnya kali ini mengalahkan penampilan kemenangan besar di Anfield tersebut.

"Penampilan kami saat ini lebih baik daripada saat kami menang 5-1 musim lalu," katanya. "Dominasi yang kami miliki pada pertandingan hari sangat fantastis, juga upaya kami mencari gol. Kami ingin mengubah hasil imbang ini menjadi kemenangan, dan saya yakin ketika musim berlangsung hal itu bisa terjadi."

Liverpool berada di urutan 10 klasemen, dengan 22 poin dari 17 pertandingan, setelah awal yang mengecewakan musim ini. Tidak ada tim dengan rekor tersebut yang telah menyelesaikan musim lebih tinggi dari tempat keenam di klasemen Barclays Premier League, namun Rodgers yakin mereka dapat menggunakan sisi positif dari penampilan hari ini untuk mendapatkan tempat di Liga Champions musim depan, meskipun timnya berada sembilan poin di belakang West Ham United pada posisi keempat.

"Bisakah sekarang kami menantang posisi empat besar? Ya. Tentu saja," katanya. "Yang paling penting adalah kami telah kembali bergerak ke arah yang benar."

Arsenal mengalami kesulitan untuk menerapkan strategi passing yang biasa mereka peragakan, dan Arsene Wenger mengaku skuadnya selalu kesulitan menghadapi formasi 3-4-2-1 yang dijalankan Liverpool.

"Di babak pertama, permainan kami menurun karena masalah taktis dan psikologis," katanya. "Itu adalah pertandingan yang menegangkan. Kami bermain sedikit berhati-hati di babak pertama. Sementara Liverpool bermain bagus. Kami kehilangan bola terlalu cepat di babak pertama.

"Di babak kedua kami kembali bermain terlalu kedalam, dan tidak keluar untuk mendapatkan gol ketiga. Kami bermain dengan Danny Welbeck, Alexis Sanchez, Olivier Giroud, Alex Oxlade-Chamberlain dan Santi Cazorla. Mereka adalah lima pemain ofensif, tetapi kami tidak memnghasilkan banyak peluang hari ini."

Kekecewaan terbesar pelatih asal Prancis itu adalah saat timnya tidak mampu mengakhiri laga saat mereka sudah memimpin, juga keuntungan dari kelebihan jumlah pemain.

"Ini mungkin hasil yang adil, tapi kami kecewa setelah dengan mudahnya memberikan sudulan bebas dari tendangan penjuru," katanya. "Dalam perpanjangan waktu yang lama, Anda harus dapat bertahan dari dua atau tiga tendangan penjuru dan tendangan bebas. Saat mereka mencetak gol, kami memiliki banyak defender di area tersebut. Ini mengecewakan, kami bahkan tidak ikut melompat. Anda pastinya ingin semua pemain menjadi fokus pada tendangan penjuru."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Andhika Anggoro Wening
Terkini