KUNJUNGAN JOKOWI KE PAPUA: 2 Permintaan Walikota Jayapura Langsung Dipenuhi

Bisnis.com,27 Des 2014, 18:30 WIB
Penulis: News Editor
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriani Joko Widodo disambut Gubernur Papua Lukas Enembe saat tiba di Bandara Udara Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu sore (27/12). Jokowi dijadwalkan menghadiri perayaan Natal di Stadion Mandala, Jayapura, malam ini./Hendri Triwidi Asworo

Bisnis.com, JAYAPURA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung memenuhi permintaan Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano, terkait pembangunan infrastruktur pasar dan jembatan.

"Pasar Youtefa harus dibangun, ya harus bangun. Itu tadi permintaan Wali Kota Jayapura," kata Prasiden, saat bertatap muka dengan Barisan Relawan (Bara) Jaringan Perubahan (JP) Provinsi Papua di GOR Waringin Kota Jayapura, Papua, Sabtu petang.

Pernyataan itu merupakan jawaban atas permintaan Wali Kota Jayapura yang lebih dulu berbicara dalam pertemuan tatap muka itu.

Wali Kota Kota Jayapura yang akrab disapa BTM itu memanfaatkan momentum pertemuan tatap muka dengan Presiden ke-7 RI itu untuk meminta kado Natal dari Presiden atas nama rakyat Kota Jayapura.

"Saya ingin minta hadiah Natal dari Bapak Presiden untuk rakyat Kota Jayapura. Jembatan Hamadi-Holtekam agar dibangun, juga pasar mama-mama Papua, dan pasar Youtefa," ujar BTM.

Sebagai kompensasi dari permintaan kado Natal itu, BTM mengungkapkan bahwa ia dan warga Kota Jayapura siap menyukseskan program pembangunan yang dicanangkan Presiden Jokowi.

Saat memberi sambutan pada pertemuan tatap muka itu, Presiden Jokowi langsung merespons permintaan hadiah Natal tersebut.

Mengenai jembatan Hamadi-Holtekam, Jokowi sempat bergurau bahwa pembangunan jembatan sepanjang 440 meter itu membutuhkan anggaran sebesar Rp1,4 triliun.

"Saya tadi baca-baca (brosur pembangunan jembatan Hamadi-Holtekam) ini, saya liat kebutuhan dananya Rp1,4 triliun. Banyak sekali, tapi ini diperlukan rakyat Jayapura, Papua, jadi ya bangun saja," ujarnya sambil tertawa yang langsung disambut tepuk tangah peserta pertemuan tatap muka itu.

Hanya saja, Presiden Jokowi mengajak Gubernur Papua Lukas Enembe, dan Wali Kota Jayapura untuk berkomitmen menanggulangi dana itu secara bersama-sama.

"Tapi, janji dulu, bagi-bagi dana, APBN dan APBD provinsi dan kota. Meskipun sedikit tapi APBD harus ada, kita gotong rotong, karena APBN dibagi ke lebiuh dari 500 kabupaten/kota," ucapnya.

Jokowi sempat mengulang kalimatnya soal pembangunan jembatan Hamadi-Holtekam itu. "Udah, pokoknya bangun saja jembatan itu," tukas Presiden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Sepudin Zuhri
Terkini