3 Manfaat Positif Orang Tua Meminta Maaf Pada Anak

Bisnis.com,06 Jan 2015, 13:45 WIB
Penulis: Mia Chitra Dinisari
ilustrasi parenting/bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA—Memaafkan anak karena kesalahannya, atau meminta maaf pada anak karena kesalahan Anda memiliki manfaat positif dalam tumbuh kembang anak.

Meski hal ini adalah salah satu hal yang paling sulit bagi orang tua untuk melakukan. Berikut adalah panduan yang sangat mudah untuk fessing up Hal ini tidak mudah bagi orangtua untuk meminta maaf kepada anak mereka. Sementara beberapa orang tua berpikir mereka akan kehilangan pengaruh yang mereka miliki.

Sementara itu, orang lain berpikir mengakui kesalahan akan membuat mereka kurang kredibel di mata anak mereka. Namun, meminta maaf kepada anak Anda benar-benar menanamkan perilaku yang baik dan terhormat.

Berikut manfaat positif memaafkan kesalahan anak

1. Ini membuat Anda menjadi panutan yang baik

Anak-anak belajar perilaku dengan meniru orang dewasa di sekitar mereka. Ketika Anda memimpin dengan contoh dan menerima kesalahan Anda, ia menetapkan preseden untuk perilaku model yang Anda ingin anak Anda untuk menunjukkan. Anda akan mengajarinya bahwa meminta maaf tidak membuat Anda menjadi orang yang lebih lemah, bahwa itu sebenarnya hal yang terhormat untuk dilakukan.

2. Mereka belajar bagaimana melakukannya

Melihat Anda meminta maaf dengan segala ketulusan mengajarkan mereka bagaimana melakukannya dengan benar. Anak-anak lebih intuitif daripada orang dewasa, dan cenderung tidak sadar mengambil nuansa perilaku orang tua mereka.

3. Membuat Anda lebih dekat Dengan menerima kesalahan-up, Anda akan memperlakukan dia seperti seorang teman daripada berbicara ke dia seperti sesuatu yang tidak menghargai anak. Hal ini juga membuat anak-anak dan remaja menyadari bahwa bahkan orang dewasa mampu berdosa dan tidak sengaja menyakiti orang lain.

Jadi, anak Anda lebih mungkin untuk merasa nyaman di sekitar Anda. Dia tidak akan takut untuk datang kepada Anda dengan masalah-masalahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini