10 Vitamin Yang Wajib Dikonsumsi Perempuan Setiap Hari

Bisnis.com,15 Jan 2015, 10:26 WIB
Penulis: Mia Chitra Dinisari
kebutuhan vitamin/sawtelltreeoflife.com.au

Bisnis.com, JAKARTA—Seorang ibu adalah orang yang harus memastikan asupan vitamin keluarganya tercukupi setiap hari.

Karenanya, mereka rela memasak, dan menyediakan bahan makanan yang bergizi demi kesehatan keluarganya. Namun sayangnya banyak perempuan yang akhirnya alpa untuk memenuhi kebutuhan asupan makanan yang sehat untuk dirinya sendiri.

Dia lebih rela melihat anaknya sehat dan tercukupi gizinya, daripada untuk dirinya sendiri. Padahal, ternyata perempuan butuh banyak asupan vitamin yang cukup setiap harinya.

Setidaknya ada 10 vitamin yang harus dikonsumsinya setiap hari.

 

Vitamin ini sangat penting untuk memungkinkan tubuh untuk fungsi secara normal. Berikut 10 vitamin yang wajib diasup perempuan setiap harinya seperti dilansir Boldsky.com:

Kalsium
Ini vitamin paling penting harian yang harus dikonsumsi perempuan. Dibandingkan dengan pria, wanita lebih rentan terhadap osteoporosis, yang disebabkan karena kekurangan kalsium. Dalam rangka menjaga kesehatan tulang, kalsium adalah suatu keharusan. Beberapa sumber penting kalsium termasuk produk susu dan telur.

Vitamin D:
Vitamin D sangat penting untuk membantu menyerap kalsium. Tidak peduli jumlah produk susu yang dibutuhkan, kekurangan vitamin D tidak akan membantu menyerap kalsium. Salah satu sumber terbaik dari vitamin ini adalah matahari pagi.

Vitamin A:
Vitamin A bermanfaat dalam kasus periode menstruasi yang berat, sindrom pramenstruasi, payudara kental dan infeksi vagina. Hal ini juga dikatakan bermanfaat dalam kasus kanker payudara.

Vitamin B1:

Vitamin esensial ini membantu mengubah gula menjadi energi. Wanita membutuhkan dosis ekstra energi. Sumber signifikan dari Vitamin B1 termasuk daging tanpa lemak, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Vitamin B2:

Riboflavin atau vitamin B2 membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh; menjaga kesehatan kulit, kuku dan rambut; memperlambat proses penuaan dan sangat penting, mempromosikan sistem reproduksi yang sehat. Sumber penting termasuk susu dan sayuran berdaun hijau.

Vitamin B6:

Vitamin B6 juga dikenal sebagai pyridoxine dan berguna bagi perempuan untuk mengobati sindrom pramenstruasi, masalah haid dan mual selama awal kehamilan. Hal ini juga berguna untuk menghentikan aliran susu setelah melahirkan dan depresi yang berhubungan dengan kehamilan. Sumber B6 termasuk alpukat, pisang dan kacang-kacangan.
Asam folat:
Ketika berhubungan dengan ibu hamil, asam folat menjadi salah satu vitamin perempuan harus mengambil setiap hari. Setiap wanita yang berencana untuk hamil atau sedang hamil diresepkan vitamin ini untuk mencegah keguguran atau menghindari kemungkinan cacat lahir. Sayuran berdaun hijau merupakan sumber penting asam folat.

Vitamin C:
Untuk kesehatan tubuh dan pikiran, jumlah yang cukup vitamin C sangat penting bagi pria dan wanita. Ini tidak hanya membantu menjaga flu biasa di teluk tetapi memiliki sejumlah manfaat lain seperti mempromosikan kesehatan kulit, rambut, kuku, meningkatkan ketahanan fisik dan memperlambat proses penuaan. Buah jeruk merupakan sumber terbaik vitamin C.

Vitamin E:

Vitamin E yang cukup populer di kalangan wanita karena manfaat besar itu pada kulit. Produk kecantikan yang diperkaya dengan vitamin E selalu disukai. Selain itu, juga membantu dalam mencegah komplikasi pada akhir kehamilan dan masalah yang terkait dengan periode menstruasi. Sumber makanan signifikan termasuk daging, unggas, telur, sereal.

Kolin:

Ini adalah salah satu pendatang terbaru dalam daftar vitamin esensial. Kolin milik kelompok B kompleks vitamin dan sangat penting bagi wanita hamil untuk mencegah cacat tabung saraf. Vitamin ini diproduksi di hati tetapi telur dianggap sumber makanan yang sangat baik dalam mengandung vitamin ini.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini