HASIL PIALA ASIA: Hajar Arab Saudi 3-1, Uzbekistan Lolos ke 8 Besar Dampingi Tiongkok

Bisnis.com,18 Jan 2015, 19:13 WIB
Penulis: M. Syahran W. Lubis
Para pemain Uzbekistan merayakan keberhasilan lolos ke 8 besar bersama suporternya/Reuters-Brandon Malone

Bisnis.com, JAKARTA - Uzbekistan menaklukkan Arab Saudi dengan skor 3-1 sehingga mendampingi Tiongkok sebagai wakil Grup B ke babak 8 besar Piala Asia 2015 di Australia.

Bermain di Stadion AAMI Park, Melbourne, pertandingan baru berjalan 2 menit, Sardor Rashidov telah berhasil menjebol gawang Arab Saudi, yang sebenarnya hanya perlu seri untuk melaju ke 8 besar.

Arab Saudi membangkitkan asa untuk lolos ke perempat final setelah mendapatkan hadiah penalti dari wasit Ben Williams (Australia) yang dieksekusi dengan sempurna oleh Mohammad Al Sahlawi pada menit ke-60.

Namun, bukannya mampu mempertahankan hasil imbang yang diperlukannya, gawang Arab Saudi malahan ditembus dua kali lagi oleh Uzbekistan.

Vokhid Shodiev membuat Uzbekistan unggul 2-1 pada menit ke-71 dan hanya 8 menit kemudian Rashidov mencetak gol keduanya dalam pertandingan yang berlangsung pada Minggu (18/1/2015) itu.

Dalam laga Grup B lainnya yang digelar pada saat bersamaan di Stadion Canberra, Tiongkok melengkapi kejayaannya dengan memenangi tiga laga fase grup setelah menundukkan Korea Utara dengan skor 2-1.

Pertandingan tersebut  sudah tidak lagi memengaruhi posisi kedua tim. Sebelum pertandingan dimulai, Tiongkok sudah pasti lolos ke 8 besar, sedangkan Korut sudah pasti tersingkir.

Tiongkok, sebagai juara Grup B, akan bertemu tuan rumah Australia sebagai runner up Grup A dalam babak perempat final. Sedangkan Uzbekistan sebagai runner up Grup jumpa juara Grup A Korea Selatan.

Klasemen akhir Grup B (main, menang, seri, kalah, gol, nilai):

Tiongkok   3   3   0   0   5-2   9

Uzbekistan   3   2   0   1   5-3   6

Arab Saudi   3   1   0   2   5-5   3

Korea Utara   3   0   0   3   2-7   0.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: M. Syahran W. Lubis
Terkini