HASIL KUALIFIKASI PIALA DUNIA U-20: Brasil & Kolombia Pelihara Peluang Lolos ke 6 Besar

Bisnis.com,20 Jan 2015, 09:27 WIB
Penulis: M. Syahran W. Lubis
Pelatih Timnas Brasil U-20 Alexandre Tadeu Gallo /Reuters-Andres Stapff

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah sempat menelan kekalahan, Brasil dan Kolombia bangkit kembali dan memelihara peluang untuk lolos ke fase akhir dengan menang atas lawan-lawannya dalam pertandingan lanjutan Kejuaraan Sepak Bola Amerika Selatan U-20 yang juga babak kualifikasi Piala Dunia U-20 2015.

Bermain di Stadion Domingo Burgueno Migue, Maldonado, Uruguay, dalam laga Grup B, Brasil sukses menundukkan Venezuela dengan skor 2-0.

Robert Kenedy Nunes, yang baru 3 menit berada di lapangan menggantikan Thiago Maia, mencetak gol pembuka pada menit ke-73 dengan assist Malcom de Oliveira.

Hanya berselang 6 menit kemudian, Gabriel Barbosa Almeida memanfaatkan umpan Lucas Evangelista untuk menggandakan keunggulan skuat Samba muda. Skor akhir 2-0.

Kemenangan ini memelihara peluang Brasil untuk lolos ke fase akhir setelah pada matchday kedua ditundukkan tuan rumah Uruguay dengan skor 0-2.

Dalam pertandingan sebelumnya, juara bertahan Kolombia menghancurkan Chile 3-0. Ketiga gol skuat asuhan Carlos Restrepo dihasilkan oleh Rafael Santos Borre (12’), Jeison Steven Lucumi (75’), dan Juan Ferney Otero (81’).

Chile mengakhiri pertandingan dengan 10 pemain setelah Sebastian Diaz Aracena harus meninggalkan lapangan permainan pada menit ke-76 setelah menerima kartu kuning kedua dari wasit asal Paraguay Enrique Caceres.

Kemenangan ini juga mempertahankan asa Kolombia untuk melaju ke babak selanjutnya setelah kalah 0-1 dari Uruguay pada pertandingan pertama.

Turnamen ini diikuti oleh 10 negara anggota Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol) dan dibagi menjadi dua grup. Grup A berisi Argentina, Paraguay, Ekuador, Bolivia, dan Peru. Sedangkan Grup B diisi tuan rumah Uruguay, Brasil, Chile, Kolombia, dan Venezuela.

Tiga tim teratas dalam klasemen akhir setiap grup maju ke putaran final yang kembali mempertemukan seluruh tim. Empat tim teratas dalam klasemen akhir akan lolos mewakili zona Conmebol ke Piala Dunia U-20 2015 yang digelar di Selandia Baru pada pertengahan tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: M. Syahran W. Lubis
Terkini