Denpasar Gelar 45 Lukisan Berbahan Sampah Plastik

Bisnis.com,05 Feb 2015, 15:45 WIB
Penulis: Feri Kristianto
Pameran lukisan berbahan dasar sampah karya anak anak Sanggar Jepun Putih, Denpasar./Bisnis.com-Feri Kristianto

Bisnis.com, DENPASAR--Sebanyak 45 karya lukis berbahan dasar sampah plastik dipamerkan di halaman parkir Pura Jagatnatha Denpasar.

Karya seni anak-anak didikan Sanggar Jepun Putih‎ itu ditampilkan dalam rangka memperingati ulang tahun Kota Denpasar ke-227 tahun yang akan jatuh pada 27 Februari mendatang.

Wayan Adnyana, pembina Sanggar Jepun Putih‎, mengungkapkan untuk menghasilkan satu karya lukis tersebut membutuhkan waktu 6 bulan, karena tidak menggunakan cat air. Dia menerangkan satu karya menghabiskan bahan baku sampah plastik mencapai 30 kilogram.

Karena berbahan dasar sampah plastik bekas, satu karya lukis memiliki bobot mencapai‎ 10-15 kg.

Dia menegaskan seluruh bahan baku tersebut diperoleh dari memungut sampah masyarakat‎ seperti botol bekas, dan plastik kemasan, tanpa mengandalkan bank sampah.

"Kami ingin memberikan edukasi kepada anak-anak agar tidak membuang sampah dan memanfaatkan sampah agar lingkungan bersih," ujarnya, Kamis (5/2/2015).

Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra,‎ Wali Kota Denpasar, menegaskan peran serta sanggar seni dan anak-anak dalam memanfaatkan sampah bekas sangat membantu program pemerintah.

Pasalnya, selain menjadikan ekonomi kreatif, lukisan tersebut membuktikan sampah dapat dimanfaatkan sebagai karya seni.

"Ini sangat menarik karena memberdayakan anak-anak dengan permasalahan sosial yang digabungkan seni," ujarnya saat membuka pameran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Saeno
Terkini