BANJIR JAKARTA 2015: Awas, BMKG Ramalkan Cuaca Memburuk

Bisnis.com,09 Feb 2015, 13:01 WIB
Penulis: Fitri Rachmawati
Polisi lalu lintas bertugas di tengah banjir dan hujan lebat di Jalan Yos Sudarso Jakarta/TMC Polda Metro

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Pusat Data Informasi dan Human Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho mengatakan BMKG memperkirakan kondisi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat atau petir dan angin kencang di wilayah sebagian besar Jabodetabek akan terus berlangsung hingga sore hari ini sekitar pukul 15:00 WIB.

Selain itu, hujan diperkirakan meluas ke wilayah Tangerang, Bekasi, Cibubur, Cileungsi, Citeko, Ciawi, Cisarua, Bogor dan sekitarnya. “BMKG telah mengeluarkan peringatan dini cuaca terkait ancaman banjir tadi pukul 10.00 WIB,” tuturnya, Senin (9/2/2015).

Menurutnya, dengan kondisi hujan yang terus meningkat dan tidak kunjung berhenti diperkirakan berpotensi peningkatan banjir di beberapa wilayah Jabodetabek.

Saat ini, Pusdalops BPBD DKI Jakarta dan Posko BNPB terus memantau perkembangan banjir di Jakarta. BNPB telah mendirikan 28 posko taktis yaitu 25 posko di Jakarta, 2 posko di Bekasi dan 1 posko di Tangerang.

“Personel BNPB, SRCPB, Menwa dan Senkom Polri dengan dukungan logistik dan peralatan akan membantu aparat setempat dalam penanganan banjir,” katanya.

Sutopo menambahkan BNPB telah menyiapkan 3.600 personel TNI dan 614 personel Polri untuk mengantisipasi banjir jika diperlukan. Namun, dalam hal ini Pemda DKI Jakarta tetap sebagai penanggung jawab penanganan banjir.

“Hingga saat ini belum ada pernyataan darurat bencana banjir dari Gubernur DKI Jakarta,” tambahnya.

Adapun kondisi saat ini sungai-sungai di Jakarta masih dalam keadaan aman, kecuali sungai di Karet dalam keadaan siaga 2 dan Sungai Manggarai siaga 3. “Belum ada pengungsian hingga saat ini, “ jelasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Yusuf Waluyo Jati
Terkini