18 Cara Alami Meningkatkan Kesuburan

Bisnis.com,16 Feb 2015, 14:54 WIB
Penulis: Mia Chitra Dinisari
Tips alami mengatasi kesuburan/thrivehealth.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA—Jika Anda ingin memiliki bayi pada tahun 2015 ini, cobalah tips-tips yang bisa meningkatkan kesuburan Anda.

Tips berikut, bisa dilakukan dalam keseharian Anda, dan umumnya juga bermanfaat baik bagi kesehatan tubuh Anda lainnya. Berikut tips untuk meningkatkan kesuburan:

Hindari suhu panas

Sperma berkembang terbaik di lingkungan dingin. Pria yang duduk dengan memangku komputer dapat mengurangi tingkat kesuburan. Pria juga harus menghindari air panas saat mandi. Satu studi menemukan bahwa mandi menggunakan air dingin mampu meningkatkan produksi sperma oleh lima kali. Juga, ganti celana ketat Anda dengan celana boxer yang longgar.


Menyerap sinar matahari
Sinar matahari meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita dengan meningkatkan kadar vitamin D. Studi telah menemukan Vitamin D meningkatkan kadar hormon progesteron dan estrogen, yang mengatur periode dan membuat konsepsi lebih mungkin. Hal ini juga meningkatkan jumlah sperma.

Luangkan waktu untuk bersantai
Stres dapat memiliki dampak besar pada kesuburan wanita. Hal ini dapat memengaruhi produksi sperma laki-laki juga yang menjadi lambat dan libido rendah.

Minum lebih banyak susu
Wanita, yang makan satu porsi susu penuh lemak sehari, mengurangi risiko infertilitas lebih dari seperempat. Lemak susu membantu ovarium bekerja dengan baik.

Konsumsi  multivitamin
Penelitian menunjukkan mengonsumsi vitamin prenatal sehari-hari yang mengandung nutrisi penting untuk konsepsi seperti asam folat, vitamin B12, dan selenium bisa meningkatkan kemungkinan kehamilan.


Berhenti merokok

Pria perokok 50% lebih mungkin untuk menjadi impoten dan memiliki jumlah sperma yang lebih rendah. Wanita perokok memiliki tingkat kesuburan 30% lebih rendah dibandingkan non-perokok. Merokok juga dapat mencegah implantasi embrio dalam rahim.

Hindari alkohol

Jika Anda mencoba untuk hamil, i adalah ide yang baik untuk Anda dan pasangan Anda untuk minum sedikit alkohol. Minum terlalu banyak mengganggu ovulasi dan produksi sperma.

Akupunktur

Cobalah akupunktur untuk merangsang titik-titik tertentu pada tubuh. Ini mungkin membantu mengontrol ovulasi dan meningkatkan aliran darah ke rahim, dan karena itu meningkatkan kemungkinan telur dibuahi.


Sering berhubungan intim!
Kemungkinan kenaikan konsepsi dari 15% untuk pasangan berhubungan seks seminggu sekali untuk 50% untuk pasangan berhubungan seks 3-4 kali seminggu. Seks membuat sperma yang sehat. Kualitasnya jatuh jika itu dipertahankan dalam tubuh selama lebih dari tiga hari.

Kenali masa subur

Untuk keberhasilan bayi, Anda perlu berhubungan seks selama waktu paling subur Anda bulan. Dalam siklus 28-hari rata-rata, hal ini biasanya jatuh antara hari 10 dan hari ke-17.

Menurunkan berat badan
Lemak tubuh memproduksi estrogen, yang membingungkan siklus ovulasi tubuh. Wanita gemuk seringkali memiliki periode reguler kurang dari wanita yang beratnya kurang. Kehilangan hanya 5% dari berat badan Anda dapat meningkatkan peluang kehamilan sekitar seperlima.

Jangan terlalu kurus

Memiliki tubuh yang terlalu kurus, dapat mematikan kemampuan tubuh Anda untuk mereproduksi telur, karena indra tidak ada cukup lemak untuk mempertahankan kehamilan yang sehat.

Kurangi karbohidrat
Beberapa ahli percaya diet tinggi karbohidrat olahan, seperti roti putih, pasta dan biskuit, dapat mempengaruhi kehamilan. Makanan ini meningkatkan gula darah dengan cepat, menyebabkan lonjakan insulin yang dapat mengganggu kesuburan.

Jangan konsumsi narkoba

Narkoba, seperti kokain dan ganja, telah ditemukan untuk menurunkan jumlah sperma dan meningkatkan sperma yang abnormal, sedangkan pengguna narkoba perempuan dapat menghadapi masalah ovulasi.

Makan ikan lebih berminyak
Beberapa studi menunjukkan omega-3, yang ditemukan dalam ikan berminyak, seperti salmon dan biji rami, dapat mengurangi risiko keguguran dan meningkatkan kualitas sperma. Lemak esensial sangat penting untuk fungsi hormon yang sehat, tapi banyak dari kita tidak mendapatkan cukup.

Hindari kafein
Penelitian telah menunjukkan bahwa hanya satu cangkir kopi per hari dapat mengurangi separuh peluang Anda untuk hamil. Para ahli mengatakan kafein dapat mengurangi aktivitas otot-otot tuba Fallopi, yang membawa telur dari ovarium.

Jangan konsumsi obat penghilang rasa sakit
Beberapa obat penghilang rasa sakit, seperti parasetamol dan ibuprofen, dapat mempengaruhi kehamilan jika diminum saat masa ovulasi. Mereka dapat menekan hormon yang disebut prostaglandin, yang membantu telur rilis ke dalam tabung Fallopi.

Minum lebih banyak air
Jika Anda tidak minum cukup air, sistem reproduksi akan kehilangan keluar sebagai tubuh memastikan bahwa organ-organ yang lebih penting menerima apa yang mereka butuhkan pertama. Air menciptakan folikel telur gemuk dan pasokan darah yang kuat pada lapisan rahim. Plus, jika Anda dehidrasi, cairan serviks Anda yang membantu sperma menemukan telur  akan lamban bekerja.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini