Uji Coba Pemanfaatan Biodiesel B-20 Sukses

Bisnis.com,24 Feb 2015, 23:01 WIB
Penulis: Lucky Leonard
Uji coba pemanfaatan biodiesel dengan kadar 20% (B-20) pada kendaraan dan alat berat yang dilakukan pemerintah dinyatakan berhasil./JIBI

Bisnis.com, JAKARTA - Uji coba pemanfaatan biodiesel dengan kadar 20% (B-20) pada kendaraan dan alat berat yang dilakukan pemerintah dinyatakan berhasil.

Kepala Balai Rekayasa Disain dan SIstem Teknologi (BRSDT) Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Riza mengatakan kontrol dan kualitas biodiesel yang digunakan memiliki kualitas yang baik.

Sementara itu, Direktur Bioenergi Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Dadan Kusdiana mengatakan pihak produsen kendaraan bermotor dapat segera melakukan persiapan mengacu pada rekomendasi dari uji coba tersebut.

"Sementara dari sisi kami juga harus menyusun regulasi terkait penggunaan BBN pada kendaraan bermotor dan alat berat sesuai dengan mandatori BBN," katanya, Selasa (24/2/2015).

Oleh karena itu, dia mengimbau agar industri biodiesel dapat segera meningkatkan kapasitas produksinya dan menjamin keberlanjutan pasokan dan kualitasnya. Dengan begitu, dia berharap BBN akhirnya dapat bersaing dengan BBM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Martin Sihombing
Terkini