Ketua DPR: Awasi Distribusi Beras dari Tengkulak

Bisnis.com,27 Feb 2015, 14:23 WIB
Penulis: John Andhi Oktaveri
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Ketua DPR Setya Novanto meminta presiden Jokowi mengawasi pendistribusian beras dari tangan tengkulak menyusul melambungnya harga beras hingga30% dari harga harga pasaran.

"Amputasi distribusi yang sedang dilakukan oleh tengkulak-tengkulak, dan ini perlu ada pengawasan yang ketat," kata Setya Novanto di Gedung DPR, Jumat (27/2/2015).

Menurutnya, penyebab harga beras kini melonjak tajam adalah karena adanya permainan harga. Untuk itu, Novanto mengharapkan pihak terkait seperti Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan bisa bekerja maksimal mengatasi permasalahan itu.

Kendati demikian, politisi Partai Golkar tersebut menilai permasalahan beras juga muncul karena kelambatan tanam dibeberapa daerah akibat kekeringan.

Pada bagian lain Novanto juga mengharapkan pemerintah tidak mengimpor beras. Pasalnya, sentra-sentra pertanian di Indonesia bila dioptimalisasikan mampu mencukupi ketahanan pangan.

"Harapannya impor bisa terus dikurangi. Sehingga di daerah-daerah sentra pertanian itu kita galakkan dan kita tumbuhkan supaya bisa menggerus import," ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rustam Agus
Terkini