Bangun Soliditas, Akpol dan TNI Belajar Bersama

Bisnis.com,03 Mar 2015, 15:22 WIB
Penulis: Dika Irawan
Presiden Jokowi foto bersama pimpinan TNI dan Polri di PTIK Jakarta, Selasa (3/3/2015). )./JIBI-Akhirul Anwar

Bisnis.com, JAKARTA - Polri dan TNI sepakat untuk mengadakan program pendidikan dasar bersama antara Akpol dan TNI untuk memperkuat soliditas antar kedua institusi tersebut.

Panglima TNI Jenderal Moeldoko menyatakan upaya kerjasama demikian untuk membangun soliditas. "Jangan buru-buru kita bicara sinergitas kalau soliditas belum terbangun," kata Moeldoko usai Rapim Polri-TNI di PTIK, Jakarta Selatan, Selasa (3/3/2015).

Menurut dia soliditas bisa dibangun jika erada dalam kondisi menderita bersama-sama sehingga muncul lah rasa senasib dan sepenanggungan.

"Kalau tidak ada makan mie sama-sama, sulit. Waktu saya dengan beliau [Badrodin] kami makan mie dan telur sama-sama," kata Moeldoko.

Dengan cara seperti itulah, lanjut Moeldoko akan membangun emosi sesama perwira. Artinya di situ lah muncul soliditas. Jika sudah solid pasti akan sinergi di lapangan.

Moeldoko mengatakan untuk tahun ini program pendidikan akan dilaksakan di Akmil Magelang, Jawa Tengah selama 6 pekan. "Tahun depan akan lebih panjang lagi," katanya.

Sementara itu, Wakapolri Komjen Badrodin Haiti mengatakan pelatihan dasar dilakukan menyusul adanya kesamaan materi baik di Akpol maupun Akmil.

Materi yang sama itu nantinya akan disatukan dalam pendidkan dasar bersama itu. Harapannya akan muncul hubungan emosional yang melekat antara perwira Polri dan TNI ke depannya. []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Fatkhul Maskur
Terkini