Telkomsel Kembangkan Smart City di Bandung, Jakarta, dan Bogor

Bisnis.com,04 Mar 2015, 18:58 WIB
Penulis: Arif Budisusilo

Bisnis.com, BARCELONA - PT Telkomsel segera berpartisipasi dalam pengembangan konsep smart city di tiga kota, yakni Jakarta, Bogor, dan Bandung, melalui pengembangan aplikasi yang akan dipakai untuk memantau berbagai keperluan termasuk sistem transportasi, pengendalian banjir dan monitoring truk sampah.

Dirut Telkomsel Ririek Ardiansyah mengatakan pihaknya secara internal sudah membahas pengembangan aplikasi guna mendukung smart city, terutama yang berkaitan dengan layanan publik.

"Saat ini kami memiliki pilot project smart city di Bandung bekerja sama dengan walikota Bandung Ridwan Kamil," katanya kepada Bisnis.com Rabu (3/3/2015) malam di Barcelona, atau Kamis (4/3/2015) dini hari waktu Indonesia, di sela-sela menghadiri acara Mobile World Congress 2015 yang berlangsung 2-5 Maret.

Dia mengatakan, Telkomsel sedang menyiapkan aplikasi yang dikaitkan dengan monitoring transportasi publik di Bandung, selain membangun cloud server yang akan menopang implementasinya.

Saat ini, selain mengembangkan aplikasinya, Telkomsel juga tengah menggodok model bisnis yang tepat berkaitan dengan kerja sama smart city tersebut. Namun Ririek belum bersedia merinci seperti apa model bisnis yang akan diterapkan dalam kerja sama smart city itu.

Dia hanya menekankan bahwa dalam kerja sama smart city Telkomsel merasa lebih sticky dibandingkan dengan layanan ritel karena lebih bertahan tidak seperti bisnis voice, di mana konsumen mudah beralih antar-operator.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Hendri Tri Widi Asworo
Terkini
'