Konferensi Bencana Alam: JK ke Jepang Wakili Indonesia

Bisnis.com,09 Mar 2015, 12:35 WIB
Penulis: Ana Noviani
Wapres Jusuf Kalla (kanan) saat bersiap memberikan keterangan pers disaksikan Presiden Joko Widodo (tengah) dan Mendagri Tjahjo Kumolo (kiri) seusai rapat koordinasi tahap kelima dengan wali kota seluruh Indonesia di Istana Bogor, Jabar, Jumat (20/2/2015)./Antara

Kabar24.com, JAKARTA--Wakil Presiden Jusuf Kalla akan mewakili Indonesia dalam Konferensi Dunia Pengurangan Risiko Bencana Alam PBB yang digelar di Sendai, Jepang pada 14-18 Maret 2015.

Duta Besar Jepang untuk Indonesia Tanizaki Yasuaki menuturkan Negeri Matahari Terbit itu akan jadi tuan rumah penyelenggaraan United Nations ‎World Conference on Disaster Risk Reduction (UNWCDRR) ketiga. Dalam konferensi tersebut, JK akan memimpin delegasi Indonesia.

"Saya jelaskan susunan acaranya. Wapres RI orang yang paling cocok sebagai delegasi dari Indonesia, karena beliau punya banyak pengalaman, salah satunya penanganan bencana tsunami di Aceh," tutur Yasuaki di kantor Wapres, Senin (9/3/2015).

JK rencananya akan bertolak ke Jepang pada Jumat (13/3) untuk menghadiri bagian acara konferensi yang digelar 14-18 Maret 2015 di Sendai, Jepang.

Yasuaki menambahkan, Indonesia-Jepang punya relasi yang cukup erat terkait bencana alam. Kedua negara secara aktif bertukar pemikiran dan pengalaman tentang penanganan dan mitigasi bencana, seperti gunung meletus dan tsunami.

"Kita punya kooperasi yang cukup erat dalam hal ini, bagaimana memitigasi dampak letusan gunung berapi di Jawa Tengah. Saya percaya akan ada banyak ruang kerjasama dua negara," imbuhnya.

Deputi Sekretaris Wapres bidang Politik Dewi Fortuna Anwar menambahkan dalam konferensi internasional tersebut JK akan berbagi pengalaman ketika menanggulangi musibah sebagai Wapres, Ketua PMI, dan kepala keluarga.

"Ketika Fukusima terjadi Pak JK dan Ibu Mufida berada di Jepang, sehingga Pak JK secara langsung memimpin penyelamatan 600 warga Indonesia yang berada di sana, dan dengan pengalaman dia ketika mengalami musibah, dan pengalaman dia sendiri," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Saeno
Terkini