Tips Atasi Nyeri Punggung Saat Hamil

Bisnis.com,12 Mar 2015, 13:04 WIB
Penulis: Fitri Rachmawati
Wanita hamil/girlytwitter.com

Bisnis.com, JAKARTA— Nyeri punggung hingga panggul merupakan salah satu keluhan terbanyak dialami wanita hamil.

Nyeri di punggung atau panggul biasanya disebabkan kondisi sendi panggul lebih longgar dan  tidak terkunci, karena ligamen melunak saat hamil.

Keluhan ini biasanya dirasakan di daerah bokong hingga menjalar ke tungkai. Terkadang disertai nyeri pada pubis tepat di atas kandung kemih.

Untuk mengurangi nyeri punggung hingga panggul, Anda bisa mencoba tips berikut yang dikutip dari buku Pregnancy Questions And Answers, 2009, Daphne Metland dkk (tim [BabyCentre.co.uk).

Posisi benar saat Berkegiatan
Postur tubuh yang baik, dan tegak bisa membantu mengurangi nyeri punggung, dan panggul terutama saat melakukan kegiatan. Seperti membungkuk atau menyandar, sendi panggul bisa mengunci sehingga timbuh nyeri.

Untuk mengurangi nyeri tersebut pastikan berdiri tegak dan sangga punggung dengan bantal saat duduk. Lalu, duduk di kursi dengan posisi tegak punggung membentuk sudut, dan dada condong ke depan dengan tungkai sedikit melebar.

Ini akan membuat nyaman punggung atau panggul Anda saat duduk daripada bersandar di sofa.

Tidur nenyamping
Anda bisa mencoba posisi tidur menyamping dengan bantal berbentuk baji di bawah perut dan bantal lain di antara lutut. Posisi ini akan membantu rasa nyeri, terutama saat malam hari ketika keluhan ini mencapai klimaksnya.

Mandi air hangat
Anda bisa mencoba mandi air hangat atau menempelkan kompres panas di bagian tubuh yang terasa nyeri, karena air hangat bisa membuat segar.

Olahraga
Untuk mengurangi risiko nyeri punggung tetapi yang tak disertai sakit panggul, Anda bisa mencoba dengan berolahraga secara teratur setiap minggu. Bentuk olahraga yang tepat seperti berenang, berjalan, kelas aqunatal, pilates, yoga atau bersepeda.

Mengangkat barang
Jika harus mengangkat atau membawa barang, cobalah mendekap erat di tubuh, tekuk lutut bukan punggung (seperti sedang jongkok), dan cobalah untuk tidak berputar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Nancy Junita
Terkini