Pembentukan Pansel Calon Pimpinan, KPK Serahkan Ke Pemerintah

Bisnis.com,05 Apr 2015, 10:20 WIB
Penulis: Sholahuddin Al Ayyubi
pembentukan pansel capim kpk/ilustrasi

Kabar24.com, JAKARTA-- Pelaksana Tugas (Plt) Pimpinan KPK Indriyarto Seno Adji mengisyaratkan bahwa pihaknya tidak ingin mencampuri proses pembentukan panitia seleksi calon pimpinan KPK nanti.

Menurut Indriyarto, pihaknya telah menyerahkan seluruhnya kepada pemerintahan Jokowi-JK, yang telah menginstruksikan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dan Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdjiatno untuk membentuk panitia seleksi calon pimpinan KPK.

"Kami serahkan semua (panitia seleksi calon pimpinan KPK) ini kepada pemerintah," tutur Indriyarto saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu (5/4).

Menurut Indriyarto, sikap Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang telah mempercepat pembentukan panitia seleksi calon pimpinan KPK adalah hal yang wajar. Pasalnya saat ini ada tiga pimpinan KPK yang menjabat hanya sementara waktu.

"Karena memang Plt (pelaksana tugas) bersifat temporer. Jadi wajar saja pemerintah mempersiapkan hal tersebut," tukasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto menegaskan bahwa Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah memberikan arahan kepada Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dan Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdjiatno untuk membentuk Panitia Seleksi (Pansel) calon pimpinan KPK.

Pasalnya, Masa jabatan pimpinan KPK saat ini akan berakhir pada Desember 2015 dan harus segera dilakukan pembentukan pantia seleksi calon pimpinan KPK, agar persiapannya lebih matang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Gita Arwana Cakti
Terkini