Tips Membentuk Karakter Anak Sejak Masa Kehamilan

Bisnis.com,14 Apr 2015, 14:00 WIB
Penulis: Fitri Rachmawati
Hamil/boldsky.com

Bisnis.com,JAKARTA—Dokter Spesialis Kesehatan Anak dari  RSU dr Soetomo Surabaya sekaligus guru besar Divisi Gastroenterologi Anak dari Universitas Airlangga mengatakan anak dengan kualitas tumbuh kembang baik bisa dibentuk dimulai dari pada masa kehamilan sampai setelah lahir hingga anak besar.

“Cara pertama dalam membentuk anak dengan kualitas tumbuh kembang baik adalah dengan menjaga kesehatan termasuk asupan nutrisi saat ibu hamil hingga melakukan kontrol kandungan secara rutin” tuturnya Selasa (14/04/2015).

Selain itu, katanya, menghindari stress saat hamil sampai melahirkan, dan tetap beraktivitas yang disesuaikan saat hamil merupakan salah satu cara agar mendapatkan anak dengan kualitas tumbuh kembang terbaik.

Sedangkan pada masa persalinan hingga setelah lahir Anda bisa melakukan cara atau tips membentuk anak dengan kualitas tumbuh kembang baik berikut ini:

Lahir Normal

Upayakan melahirkan secara normal atau pervaginam, kecuali atas indikasi saran dari dokter kandungan yang mengharuskan secara khusus. Melahirkan secara normal baik untuk ibu terutama anak, karena anak yang lahir pervaginam biasanya memiliki daya tahan dan pencernaan baik dibandingkan dengan cara non pervaginam.

Inisiasi Menyusui Dini

Dianjurkan untuk segera memberikan ASI sesaat setelah bayi Anda lahir, karena air susu yang keluar pertama mengandung kolostrum yang sangat baik bagi bayi yaitu untuk meningkatkan daya tahan si bayi.

Untuk itu pilihlah rumah sakit atau klinik yang memiliki program Inisiasi Menyusui Dini, karena tidak semua rumah sakit atau klinik bersalin yang memiliki program ini.

Sehingga jika Anda melahirkan di rumah sakit yang tidak memiliki program inisiasi menyusui dini biasanya bayi yang baru lahir terutama lahir secara operasi caesar akan diberi susu formula. Padahal pemberian susu formula bagi bayi yang baru lahir kurang baik.

Pola Asuh Melekat

Sebaiknya dalam mengasuh anak memiliki pola asuh yang sangat melekat kepada Ibu, jangan biarkan anak melekat dengan baby sister atau selain ibu.

Membina Pembentukan Sealami

Selain itu, membina pembentukan kemampuan anak dengan sealami mungkin.

Tingkatkan Stimulasi Anak

Melalui menciptakan lingkungan sekitar anak yang kaya rangsangan dari aspek melihat, mendengar, menyentuh hingga meraba sangat baik bagi perkembangan anak.

Untuk itu, Anda dianjurkan untuk sesering mungkin menstimulasi anak agar pertumbuhan si kecil berjalan secara normal.

Hindari Stress Pada Anak

Stress tidak saja dialami oleh orang dewasa, tetapi anak pun bisa saja mengalami. Agar anak memiliki tumbuh kembang dengan kualitas baik sebaiknya Anda menghindari anak dari segala bentuk stres yang berlebihan.

Salah satunya seperti responsif terhadap keinginan anak, tidak membiasakan unsur paksaan, berinteraksi, serta selalu memberikan kesempatan anak untuk mengeksplorasi.

Jangan Berikan Obat Sembarangan

Cara lainnya seperti diwajibkan jangan memberikan sembarangan obat kepada anak, terumata antibiotika tanpa petunjuk dokter.

Dokumentasi Dan Amati Perkembangan Anak

Kemudian, amatilah dan dokumentasilah perjalanan tumbuh kembang anak secara rutin. Agar Anda bisa mengetahui segala tahapan tumbuh kembang anak hingga indikasi kelainan pada anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini