KAA 2015: Jokowi Diharapkan Manfaatkan Momentum Perkuat Posisi Bangsa

Bisnis.com,15 Apr 2015, 10:01 WIB
Penulis: Dimas Novita Sari
Pejalan kaki melintas di depan baliho sosialisasi acara peringatan Konferensi Asia Afrika, di Jakarta, Senin (6/4)./Antara-Andika Wahyu

Bisnis.com, JAKARTA -- Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia berharap pemerintahan Jokowi-JK dapat memanfaatkan momentum peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) yang ke-60 untuk memperkuat peran dan keberadaan Indonesia di kawasan maupun internasional.

"Bangsa Indonesia harus menjadi yang terkuat dan terdepan di segala bidang. KAA adalah sebuah gerakan untuk membangun dunia yang lebih adil dan sejahtera," kata Ketua BEM UI Andi Aulia Rahman dalam keterangan tertulis, Rabu (15/4/2015).

Dia menyampaikan semangat KAA pada 1955 yakni membebaskan bangsa Asia dan Afrika dari penjajahan kolonialisme harus tetap dijaga, tapi dengan konteks yang berbeda. Bukan lagi semangat bebas dari penjajahan tapi semangat untuk membangun dunia yang lebih baik lagi yaitu dunia yang aman, tenteram, jauh dari konflik, dan tentunya terkait kemajuan dan kesejahteraan masing-masing negara.

"Momen KAA 2015 ini bagi kami semangatnya harus ke arah sana. Saya yakin tahun ini adalah momen konsolidasi yang tepat bagi bangsa-bangsa Asia dan Afrika," ujarnya.

Selain itu, Andi menyatakan mahasiswa siap mendukung dan menyukseskan KAA 2015 yang digelar di Jakarta dan Bandung tersebut. Dukungan dari masyarakat akan sangat berguna dan bermanfaat demi berlangsungnya kegiatan bertaraf internasional tersebut.

"Pastinya masyarakat harus menjadi tuan rumah yang baik dalam pelaksanaan KAA. Kami pastikan negara kita aman dan kondusif. Tentunya tugas ini bukan hanya tugas Polri tapi juga masyarakat pada umumnnya," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Gita Arwana Cakti
Terkini