KAPOLRI BARU: Jokowi "Ngebut", Besok (17/4) Lantik Badrodin Haiti

Bisnis.com,16 Apr 2015, 20:29 WIB
Penulis: Ana Noviani
Calon Kapolri Komjen Pol. Badrodin Haiti (tengah) bersama Ketua DPR Setya Novanto (kedua kiri) dan Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan (kiri), Fadli Zon (kedua kanan) dan Agus Hermanto (kanan) mengangkat tangan usai Sidang Paripurna DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (16/4/2015). DPR menyetujui Badrodin Haiti dilantik sebagai Kapolri./Antara-Akbar Nugroho Gumay

Kabar24.com, JAKARTA--Proses pelantikan Kapolri Baru berlangsung bak melalui jalur cepat bebas hambatan.

Setelah Komjen Pol. Badrodin Haiti mendapat restu DPR, Presiden Joko Widodo "ngebut" dan akan melantik Komjen Pol Badrodin Haiti sebagai Kapolri pada Jumat (17/4).

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan HAM Tedjo Edhy Purdijatno mengatakan setelah proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi III DPR-RI selesai, pemeritah akan segera melantik Komjen Pol. Badrodin Haiti yang saat ini menjabat sebagai Wakapolri.

" Iya, besok jam 9, tadi dari Setneg jam 9. Sudah selesai dari DPR dan Pak Badrodin Haiti sudah bisa dilantik," ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Kamis (16/4).

Setelah menggelar rapat fit and proper test Cakapolri, Komisi III DPR sepakat menerima pencalonan Komjen Pol. Badrodin Haiti.

Ketua Komisi III Aziz Syamsuddin mengatakan Jokowi bisa segera melantik Badrodin.

“Tapi setelah surat dari DPR hasil paripurna persetujuan pengangkatan Badrodin diterima,” katanya, Kamis (16/4).

Sesuai rencana, DPR akan segera menggelar rapat badan musyawarah (bamus) dengan agenda penyampaian hasil uji kelayakan Badrodin dan penjadwalan paripurna.

Pada sidang paripurna yang juga digelar pada hari ini (16/4), seluruh fraksi di DPR sudah menyetujui pengangkatan Badrodin sebagai Kapolri.

Sebelumnya, saat rapat konsultasi dengan DPR, nama Budi Gunawan kembali diembuskan setelah pencalonannya sebagai Kapolri dibatalkan.

Nama BG kembali muncul karena akan ada jabatan Wakapolri yang kosong setelah ditinggal Badrodin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Saeno
Terkini