ABB Dorong Pengembangan Microgrids di Indonesia

Bisnis.com,21 Apr 2015, 23:18 WIB
Penulis: Lucky Leonard
Pembangkit listrik./Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA--ABB Group mendukung pengembangan jaringan transmisi mini ataumicrogrid yang terdesentralisasi dari sistem interkoneksi di Indonesia untuk mendukung rasio elektrifikasi di daerah terpencil.

Managing Director ABB South East Asia Johan de Villiers mengatakan dengan kondisi geografis Indonesia yang berupa negara kepulauan, sangat sulit untuk mengandalkan satu sistem jaringan transmisi saja.

"Membangun jaringan transmisi di Indonesia menjadi subuah tantangan karena dari sisi geografis, tidak ada negara seperti Indonesia danmicrogrids saya rasa perlu diterapkan," ujarnya di Jakarta, Selasa (21/4/2015).

Dia menilai Indonesia memiliki keuntungan dari segi sumber daya energinya. Pasalnya,microgrids tersebut biasanya tidak membutuhkan daya pembangkit yang besar sehingga bisa memanfaatkan sumber-sumber energi terbarukan yang ada.

Adapun beberapa sumber energi terbarukan yang bisa dipakai untuk diintegrasikan dengan jaringan mini tersebut adalah pembangkit listrik tenaga angin atau bayu (PLTB), pembangkit listik tenaga mini hidro (PLTMH), dan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Namun, Johan menyatakan tidak menutup kemungkinan sumber energi lain bisa ikut dkembangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Setyardi Widodo
Terkini