RESHUFFLE KABINET: Netizen Ingin KMP Dilibatkan dalam Kabinet Jokowi

Bisnis.com,22 Apr 2015, 19:37 WIB
Penulis: Hendri Tri Widi Asworo
Presiden Joko Widodo/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA—Hasil polling Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) menyatakan sebagian besar masyarakat menginginkan porsi profesional dan akademisi ditambah dalam Kabinet Kerja pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. 

Polling KedaiKOPI menggunakan pertanyaan tunggal. “Menurut Anda, sebaiknya bagaimana komposisi kabinet Jokowi setelah direshuflle?” 

Dari 344 pemilih, 58,14% (200 orang) memilih ada tambahan Menteri dari profesional/Akademisi. Yang lebih menarik, “Ada 15,12% [52 pemilih] berharap Jokowi memfasilitasi tokoh dari Koalisi Merah Putih (KMP),” kata Pengamat komunikasi politik Universitas Paramadina dan juru bicara KedaiKOPI  Hendri Satrio, Rabu (22/4/2015). 

Hendri mengatakan dukungan dari koalisi pendukung Prabowo Subianto ini diharapkan bisa memuluskan kebijakan pemerintah di parlemen. 

Sebaliknya, hanya sebagian kecil yaitu 2,33% publik yang menginginkan jatah kursi partai koalisi, terutama PDIP, ditambah di kabinet. 

Hasil polling juga menyatakan 22,67% (78 pemilih) tak menginginkan adanya pergantian Menteri, dan hanya perlu dirotasi. 

Terakhir, ada sekitar 1,74% (6 orang) yang berharap Jokowi menunggu arahan dari Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekaroputri.

Menurut Hendri polling ini merupakan hasil tindak lanjut dari polling sebelumnya. Dari polling sebelumnya, 96,6% pemilih menyatakan Jokowi perlu merombak kabinetnya untuk memperbaiki kinerja pemerintahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Hendri Tri Widi Asworo
Terkini