Kembangkan Bisnis Online, Asosiasi UMKM Depok Gandeng Tokopedia

Bisnis.com,23 Apr 2015, 23:10 WIB
Penulis: Miftahul Khoer
Ilustrasi Usaha Kecil Menangah./JIBI

Bisnis.com, DEPOK -- Asosiasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Depok menilai bisnis menggunakan sistem online berpeluang meningkatkan penjualan sebuah produk.

"Memasarkan produk melalui online atau pun toko online saat ini adalah cara efektif untuk mempromosikan produk yang akan dijual," ujar Ketua Asosiasi UMK Kota Depok Iwan Agustian dikutip situs resmi Kota Depok, Kamis (23/4/2015).

Iwan menggandeng situs jual beli online Tokopedia dalam menggelar workshop bisnis online terhadap 65 anggota asosiasi di bawah naungannya. Menurutnya, kendala yang dihadapi pelaku UMKM selama ini yakni pemasaran.

Para pelaku UMKM, kata dia, berpikir bahwa berjualan online harus memiliki situs sendiri dan membutuhkan biaya tinggi. Padahal, kata dia, sebetulnya mereka belum mengerti dan paham terkait toko online itu seperti apa.

Jessica Tjahyadi, Merchandiser & Marketing Communications Tokopedia menuturkan pihaknya memberikan ruang untuk berjualan gratis dengan membuatkan akun di Tokopedia.

"Mereka mungkin sudah punya toko fisik, tapi kan pemasarannya terbatas. Apabila melalui internet produk mereka kan bisa diakses ke seluruh Indonesia dan mereka bisa jual produk ke luar kota," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Martin Sihombing
Terkini