INDUSTRI SEPATU: Changshin Tanam US$60 Juta di Garut

Bisnis.com,27 Apr 2015, 18:27 WIB
Penulis: David Eka Issetiabudi
Pekerja pabrik menyelesaikan proses produksi sepatu./Ilustrasi-WD Bisnis.com

Bisnis.com, GARUT - PT Changsin Reksa Jaya, salah satu produsen alas kaki merek Nike membangun fasilitas produksi berkapasitas 15 juta pasang sepatu senilai US$60 juta.

Direktur Utama PT Changsin Reksa Jaya Whanil Jeong mengatakan saat ini fasilitas produksi di Garut digunakan untuk memproduksi upper sepatu yang nantinya dikirim ke pabrik Karawang. Saat ini, sudah ada 15 lini produksi yang berproduksi sejak tiga minggu lalu.

"Kami belum targetkan pengembangan bisnis kami. Yang jelas fokusnya adalah memproduksi sesuai permintaan," katanya di sela-sela company tour bersama Menteri Perindustrian, Senin (27/4/2015).

Setiap lini produksi ditargetkan mampu memproduksi hingga 2.000 sepatu per hari. Hingga kemarin, setiap line produksi belum beroperasi maksimal atau baru memproduksi 1.000 unit per hari.

Kepala Humas dan Legal PT Chengsin Reksa Jaya Yusuf mengatakan hingga tahun depan perusahaan menargetkan mampu menyerap tenaga kerja hingga 5.500 orang, sedangkan saat ini baru menyerap 1.700 tenaga kerja.

Nantinya, seluruh hasil produksi digunakan untuk memenuhi pasar ekspor, seperti Eropa, Amerika Serikat dan Asia. "Tingkat utilitas produksi bertambah seiring dengan bertambahnya permintaan dari Nike," katanya.

Tidak hanya bekerja sama dengan Chengsin, Nike menjalin kerja sama maklon dengan perusahaan lain, a.l PT Pratama Abadi Industri, PT KMK Global Sport, PT Nikko Mas Gemilang, PT Chinglu, PT Daenshoes, PT Taekwang dan PT Pengtae.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Yusuf Waluyo Jati
Terkini